Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 20 Sep 2019 21:39 WIB

Alasan IMB Mau Dihapus, Menteri ATR: Paling Banyak Masalahnya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil (Istimewa/Kementerian ATR/BPN) Foto: Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil (Istimewa/Kementerian ATR/BPN)
Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil mengatakan bahwa izin mendirikan bangunan (IMB) mau dihapus. Sofyan menuturkan IMB justru banyak masalahnya.

Hal tersebut lah yang menjadi alasannya untuk menghapus IMB. Dia menyatakan pengawasan standarisasi konstruksi lebih penting.

"Karena konsep izin selama ini paling banyak masalahnya. Karena paling penting sebenarnya pengawasan di lapangan," kata Sofyan di Kantor Kemenko Perekonimian, Jumat (20/9/2019).


Sofyan berharap dengan penghapusan IMB, masyarakat bisa bergerak lebih cepat dalam mendirikan bangunan. Alhasil, investasi pun bisa lebih mudah.

"Jadi supaya masyarakatnya gerak cepat dan investasi lebih bagus selama mereka memiliki standar. Kalau di luar negeri orang bangun standarnya udah ada, kalau you langgar ya dibongkar," kata Sofyan.


Sofyan sebelumnya menyatakan bahwa wacana ini sedang dibahas regulasinya. "Gini ini kan kita bicara, tunggu aja kita sedang pikirkan regulasinya," katanya.

Simak Video "Penerbitan IMB di Pulau Reklamasi dari Kaca Mata Pengamat"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com