Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 02 Okt 2019 16:25 WIB

Mau Desain Ibu Kota Baru dan Dapat Rp 2 M? Yuk Daftar di Sini

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Lahan lokasi ibu kota baru/Foto: M. Abdurrosyid Lahan lokasi ibu kota baru/Foto: M. Abdurrosyid
Jakarta - Pemerintah membuka sayembara gagasan desain kawasan Ibu Kota Negara (IKN) baru yang rencananya akan dibangun di Kalimantan Timur. Sayembara ini terbuka untuk WNI (Warga Negara Indonesia) dan non WNI.

"Baik perseorangan atau kelompok yang ketuanya memiliki kompetensi/keahlian dalam bidang arsitektur, dan/atau perencanaan wilayah dan kota, dan/atau perancangan kota, serta memiliki minimal SKA Madya arsitektur atau perencanaan kota yang berlaku," bunyi keterangan resmi dari Kementerian PUPR, Rabu (2/10/2019).

Pendaftaran sayembara dibuka sejak besok, 3 Oktober 2019 sampai dengan 18 Oktober 2019. Setelah itu akan ada pemberian penjelasan, dan peserta bisa mulai memasukkan karya per 18-29 November 2019.

Penjurian dimulai pada 9 hingga 13 Desember 2019. Pemenang akan ditetapkan pada 23 Desember 2019, di mana pemberian hadiah dilakukan pada 27 Desember 2019.


Pendaftaran peserta bisa dilakukan melalui online pada website sayembaraikn.pu.go.id. Ada 13 dewan juri yang disiapkan untuk memilih pemenang sayembara, termasuk seniman nasional Nyoman Nuarta.

Akan ada 5 pemenang yang dipilih, dan disiapkan hadiah uang tunai serta piagam penghargaan. Hadiah uang tunai mulai dari Rp 250 juta untuk harapan I dan Rp 2 miliar untuk pemenang pertama.

Adapun visi lbu Kota Negara Republik Indonesia merepresentasikan kemajuan bangsa yang unggul dan katalis peningkatan peradaban manusia Indonesia. Desain IKN yang baru harus memenuhi tiga kriteria umum, yaitu mencerminkan identitas bangsa, menjamin keberlanjutan lingkungan. sosial, dan ekonomi, serta mewujudkan kota yang cerdas, modern, dan berstandar internasional.


Mau Desain Ibu Kota Baru dan Dapat Rp 2 M? Yuk Daftar di Sini


Simak Video "Meninjau Ibu Kota Baru Berbasis Smart City dan Eco Friendly"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com