Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 03 Okt 2019 19:37 WIB

Pemerintah Segera Ambil 40.000 Ha Lahan Konsesi Tanoto

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Ibad Durohman Foto: Ibad Durohman
Jakarta - Pemerintah bisa mengambilalih lahan konsesi yang dimiliki pengusaha kakap Sukanto Tanoto yang berada di Provinsi Kalimantan Timur. Pengambilalihan itu dalam rangka program pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Kepala Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan, Pemerintah akan mengambilalih 40.000 hektar (ha) lahan hutan tanaman industri (HTI) yang di konsesinya diberikan kepada perusahaan milik Sukanto Tanoto.

"Ya kita butuhnya cuma kalau yang HTI itu kita cuma butuh 40 ribu hektare kok. Kita ambilnya 40 ribu saja kenapa ambil semuanya," kata Bambang di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan, pengusaha Sukanto Tanoto memiliki konsesi lahan HTI seluas 179-180 ribu hektar di atas lokasi calon ibu kota negara baru.

Menurut Siti, lahan konsesi tersebut tersebar di beberapa titik dan ada yang sebagian di atas lahan calon ibu kota negara yang baru.

"Dia dapat izin 179 sekian ribu hampir 180 ribu. terus di sebelah sananya lagi ada lagi, jadi banyak dia. Dapat izinnya itu banyak," kata Siti.


Menurut Siti, Pemerintah bisa kapan saja mengambilalih lahan HTI yang konsesinya dipegang oleh Sukanto Tanoto. Pengambilalihan itu di bawah payung hukum Peraturan Pemerintah (PP).

"Ada mekanismenya, ada mekanisme perizinan, jadi PP nya juga ada, Permen nya juga ada. Tapi enggak masalah," ujar Siti.

Saat ini, dikatakan Siti, Pemerintah susah berdiskusi dengan pihak Tanoto Sukanto mengenai rencana pengambilalihan lahan HTI. Namun, Pemerintah hingga saat ini masih mencari titik lokasi yang tepat

"Sudah (diskusi), cuma kan persisnya kan kalau mau di addendum SK itu kan harus tau persis lokasinya dimana-mana. Tapi yang penting mekanismenya ada," ungkap Siti.

Sebelumnya, perusahaan milik miliarder Sukanto Tanoto, APRIL Group mengaku siap untuk mengembalikan lahan konsesi HTI (hutan tanaman industri) yang berada di wilayah calon ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur.

Corporate Affairs Director APRIL Group Agung Laksamana mengatakan pihaknya siap mengembalikan lahan konsesi tersebut kepada pemerintah. Perusahaan masih menunggu tindak lanjut dari pemerintah.

"Menurut informasi yang kami terima baru-baru ini, lokasi Ibu Kota baru akan berada di dalam area PT ITCI Hutani Manunggal (IHM). Kami mendukung rencana tersebut dan menunggu arahan lebih lanjut dari pemerintah," kata Agung dalam keterangan tertulis, Jumat (20/9/2019).



Simak Video "Meninjau Ibu Kota Baru Berbasis Smart City dan Eco Friendly"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com