Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 23 Okt 2019 16:11 WIB

Jadi Menteri Agraria Lagi, Sofyan Masih Urusi Sengketa Lahan

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Sofyan Djalil (Andhika Prasetia/detikcom). Foto: Sofyan Djalil (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta - Sofyan Djalil kembali dipercaya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kembali menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR). Salah satu targetnya di periode kedua ini adalah membuat daftar kepemilikan tanah atau sertifikasi di seluruh Indonesia.

"Kita sudah punya roadmap di 2025, mudah-mudahan seluruh tanah di Indonesia terdaftar," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Untuk mencapai target itu, Sofyan mengatakan Kementerian ATR tengah membuat program digitalisasi pertanahan. Ditargetkan pada 2025 kantor pertanahan di seluruh Indonesia sudah berbasis elektronik.


"Kita juga bikin program digitalisasi pertanahan, mudah-mudahan kantor pertanahan di 2025 sudah berbasis elektronik seperti kantor pertanahan di negara-negara maju," tambahnya.

Menurutnya, digitalisasi pertanahan bisa menjadi obat berbagai permasalahan selama ini, salah satunya terkait sengketa lahan. Dia percaya digitalisasi pertanahan bisa menekan kasus sengketa tanah.

"Jika semua sudah terdaftar maka sengketa tanah bisa minimum walaupun nggak bisa hilang. Dan dengan demikian orang yang punya tanah sertifikat bisa finansial eksklusif yang mereka mempunyai sertifikat untuk leverage kepada sistem keuangan dan perbankan," tutupnya.



Simak Video "Jadi Menteri ATR Dua Periode, Sofyan: 2025 Semua Tanah Terdaftar "
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com