Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 07 Nov 2019 14:44 WIB

Pengusaha Malas Garap Lahan, Siap-siap Konsesi Dicabut

Trio Hamdani - detikFinance
Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Surya Tjandra/Foto: Screenshoot 20detik Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Surya Tjandra/Foto: Screenshoot 20detik
Jakarta - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional Surya Tjandra mengancam untuk mencabut konsesi lahan yang diberikan oleh pemerintah bila tidak dikelola secara produktif, misalnya hak guna usaha (HGU) lahan yang diberikan kepada pihak-pihak tertentu, biasanya perusahaan.

Dia mengatakan, bila HGU lahan diberikan tapi tidak dimanfaatkan akan dianggap sebagai tanah terlantar dan lebih baik diredistribusi ke masyarakat.

"Jadi kita butuh lahan yang banyak tapi juga terbatas. Makanya mesti ada pemanfaatan. Kalau tidak dimanfaatkan HGU kita sebut tanah terlantar yang kemudian bisa kita redistribusi, apalagi kalau sudah ada masyarakat, seperti itu," kata dia di kantornya, Jakarta, Kamis (7/11/2019).

"Nah hal-hal gini yang kita coba desak ya supaya jangan ditunda," lanjut dia.


Tjandra juga menyoroti lahan-lahan nganggur yang sengaja didiamkan tanpa dikelola secara produktif untuk kemudian dijual ketika harganya sudah tinggi. Dirinya ingin hal semacam itu bisa dicegah.

Apalagi dengan adanya pembangunan infrastruktur seperti tol yang sedang digenjot pemerintah. Harga tanah di sekitarnya pun akan menjadi mahal.

"Nah pertanyaannya bangun jalan itu pakai duit siapa? pajak kita. Kok orang yang nggak ngapa-ngapain bisa dapat keuntungan begitu besar," ujarnya.

"Nah ini yang kita pengin cegah karena sekarang reforma agraria tidak cuma bagi tanah, sertifikasi orang yang punya hak atas tanah diperjelas segala macam, tetapi juga memastikan terjadinya pemanfaatan lahan itu untuk kepentingan yang lebih besar gitu," tambahnya.



Simak Video "Blak-blakan Surya Tjandra: Bela Buruh dan Konflik Agraria"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com