Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 11 Nov 2019 11:14 WIB

Belum Pulih, Harga Perumahan Kuartal III Cuma Naik Tipis

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Industri properti masih belum pulih seutuhnya. Pertumbuhan harga masih relatif terbatas.

Menurut hasil survei harga properti residensial Bank Indonesia (BI), yang dilansir Senin (11/11/2019), mengindikasikan pertumbuhan harga properti residensial di pasar primer pada triwulan III-2019 masih terbatas.

Hal itu tercermin dari Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) pada triwulan III-2019 yang masih tumbuh terbatas sebesar 0,50% dari kuartal sebelumnya. Masih lebih tinggi sedikit dari pertumbuhan IHPR di kuartak sebelumnya 0,41% (qtq).


BI memprediksi kondisi ini masih berlanjut hingga akhir tahun. Pada kuartal IV-2019 pertumbuhan IHPR diprakirakan sedikit melambat menjadi 0,45% (qtq).

Meski begitu, penjualan properti residensial pada triwulan III-2019 tumbuh sebesar 16,18% dari kuartal tersebelumnya. Kondisi itu berbanding terbalik dari kondisi penjualan di kuartal sebelumnya yang justru terkontraksi -15,90% (qtq).

Peningkatan penjualan properti residensial terutama didorong oleh kenaikan penjualan pada rumah tipe kecil dan tipe besar, sedangkan penjualan rumah tipe menengah masih terkontraksi.

Hasil survei juga menunjukkan bahwa pembiayaan pembangunan properti residensial oleh pengembang masih ditopang oleh kemampuan finansial perusahaan, tercermin dari porsi penggunaan dana internal developer yang mencapai 60,44%. Sementara untuk pembelian properti residensial oleh konsumen, mayoritas (76,02%) menggunakan fasilitas KPR dari perbankan.

Simak Video "Momen Haru Saat Jenazah Ciputra Dikebumikan di Jonggol"
[Gambas:Video 20detik]
(das/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com