Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 16 Nov 2019 19:00 WIB

Nasib Kelas Menengah Jakarta, Ingin Punya Rumah Tapi Lokasinya Itu Lho

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Hendra Kusuma Foto: Hendra Kusuma
Jakarta - Pameran rumah kembali diadakan dalam Indonesia Property Expo (Ipex) 2019 yang diselenggarakan oleh PT Bank Tabungan Negara (BTN). Pameran yang berlokasi di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Selatan ini diikuti oleh 106 pengembang, di mana ada 35 di antaranya adalah pengembang khusus rumah murah alias subsidi.

detikcom mencoba mendatangi beberapa booth pengembang rumah subsidi di pameran tersebut, banyak promo yang diberikan developer terhadap calon pembeli.

Salah satu yang menjadi kendala bagi masyarakat khususnya yang mengadu nasib di Jakarta adalah lokasi rumah subsidi yang masih sangat jauh dari pusat kota.

Hal itu juga diakui oleh salah satu pengunjung bernama Resya. Pria yang sudah 2,5 tahun bekerja di Jakarta ini masih merasa keberadaan rumah murah jauh dari lokasi kerjanya.

"Rumah subsidi sayangnya masih jauh dari Jakarta, harganya murah, tapi jauh banget," kata Resya kepada detikcom di JCC, Jakarta, Sabtu (16/11/2019).



Ungkapan Resya memang benar adanya. Rumah-rumah subsidi tersebut lokasinya pada umumnya jauh dari pusat kota karena berada di Cilegon, Serang, Cikarang, Bekasi, Tigaraksa Kabupaten Tangerang, dan Bogor.

Dalam ajang IPEX ke-19 ini, Bank BTN menggandeng 106 pengembang. Rinciannya, sebanyak 71 di antaranya merupakan pengembang Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Non-Subsidi dan 35 sisanya merupakan pengembang KPR Subsidi. Secara total, Bank BTN menghadirkan sekitar 650 proyek perumahan yang tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Bank BTN juga menawarkan berbagai tipe hunian dalam pameran tersebut. Pameran yang digelar dalam rangka ulang tahun KPR ke-43 tersebut menjajakan hunian dengan kisaran harga dari Rp 140 juta sampai lebih dari Rp 1 miliar.

BTN menghadirkan mulai dari rumah tapak, hingga rumah vertikal yang mengikuti tren eco living. Selain lokasi yang menyebar, Bank BTN juga menyediakan hunian di lokasi strategis seperti di Kawasan berbasis Transit Oriented Development (TOD).

Bank BTN juga memberikan berbagai penawaran menarik. Di antaranya, menawarkan suku bunga KPR sebesar 6,43% fixed satu tahun serta bebas biaya provisi, administrasi, dan appraisal. Ada pula diskon asuransi jiwa sebesar 20% dan uang muka ringan mulai 1%.



Simak Video "Pemburu Rumah Murah Wajib Datang ke IPEX 2018"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com