Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 16 Nov 2019 19:30 WIB

Warga DKI Pengin Rumah Murah? Intip Lokasi dan Harganya di Sini

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - PT Bank Tabungan Negara (BTN) saat ini sedang menggelar acara Indonesia Property Expo (Ipex) tahun 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Selatan. Ada 106 pengembang yang terlibat, terdiri dari 71 pengembang non subsidi dan 35 pengembang subsidi.

Dari 106 pengembang yang berada di Ipex 2019, Bank BTN menghadirkan sekitar 650 proyek perumahan yang tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Khusus untuk rumah subsidi bisa menjadi alternatif bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Syarat yang ditawarkan untuk kepemilikan rumah subsidi pun terbilang mudah. Mulai dari uang muka Rp 0 hingga proses administrasinya. Setidaknya, si calon pembeli jika ingin membeli hanya menyerahkan fotocopy KTP, fotocopy kartu keluarga, dan yang pasti belum memiliki rumah.

"Kalau DP nol itu jadi si calon pembeli bayar booking fee, isi biodata dan BI checking," jelas Ramdan, salah satu penjaga booth rumah subsidi.


Ramdan menjelaskan, proses selanjutnya yang harus dilakukan pembeli jika lolos proses BI checking adalah melengkapi berkas sesuai ketentuan yang berlaku, antara lain fotokopi NPWP, slip gaji tiga bulan terakhir, fotokopi SK pengangkatan karyawan, hingga surat keterangan belum memiliki rumah.

"Setelah itu pengurusan berkas persyaratan harus dilengkapi, setelah itu nunggu hasil penilaian dari bank KPR lolos atau nggak," ujar dia.

Menurut Ramdan, masing-masing developer memiliki kebijakan terhadap biaya pemesanan (booking fee) dan uang muka. Jika pembeli membatalkan maka booking fee hangus, sedangkan untuk uang muka bisa dikembalikan tidak 100 persen.

Lalu bagi masyarakat yang ingin tahu mengenai harga jual rumah subsidi di pameran ini, berikut daftarnya yang telah dirangkum detikcom:

1. Puri Delta Angsana di Serang Rp 140 juta
2. Puri Arraya di Bogor Rp 158 juta
3. Griya Family di Cikarang Rp 158 juta
4. Grand Cikarang City 2 di Cikarang Rp 158 juta
5. Vila Gading Parung di Bogor 2 Rp 141 juta
6. Griya Budiman Asri di Karawang Rp 140 juta



Simak Video "Cari Rumah Murah? Yuk, Kunjungi Pameran Properti di JCC"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com