Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 03 Des 2019 18:30 WIB

Serius! Rumah di Kota Ini Cuma Seharga Rp 15.000

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Foto: Tim Infografis: Luthfy Syahban Foto: Tim Infografis: Luthfy Syahban
Jakarta - Rumah menjadi sebuah kebutuhan yang tak bisa dihindari. Namun untuk membeli rumah tersebut, setidaknya dibutuhkan biaya mencapai ratusan hingga miliaran rupiah.

Karenanya, tak mudah untuk memiliki hunian idaman apalagi dengan pendapatan yang terbilang pas-pasan. Meski demikian, hal tersebut tidak berlaku di kota ini.

Melansir dari CNBC pada Selasa (3/11/2019), pemerintah kota Mussomeli menjual rumah-rumah yang ada di kota tersebut dengan harga 1 euro saja, atau sekitar Rp 15.000. Mussomeli sendiri merupakan kota yang terletak di jantung pulau Sisilia, Itali.


Rumah-rumah yang dijual dengan harga 1 euro tersebut merupakan bagian dari program yang dikeluarkan oleh pemerintah kota Mussomeli. Penurunan jumlah populasi serta angka kelahiran yang rendah di wilayah ini menjadi alasan utama pemerintah kota Mussomeli mengeluarkan program case1euro (rumah seharga 1 euro).

Saat ini Itali merupakan negara dengan tingkat kelahiran terendah di Eropa. Di kota Mussomeli sendiri hanya terdapat 11.000 penduduk. Dengan menjual rumah-rumah tua atau bangunan lama hanya dengan 1 euro, pemerintah kota Mussomeli berharap akan ada orang yang memilih untuk membeli rumah tersebut dan tinggal di sana.

"Dalam 40 tahun terakhir orang, terutama orang muda, meninggalkan pedesaan untuk mencari pekerjaan di kota-kota besar, dan desa-desa kecil seperti Mussomeli menjadi ditinggalkan di seluruh Italia," kata seorang ahli real estate Italia Stefan Neuhaus, sebagaimana dikutip dari CNBC Make It.

"Salah satu ide untuk merevitalisasi tempat-tempat ini adalah tawaran 1 euro untuk menarik klien internasional untuk membeli, berinvestasi, dan menghabiskan liburan mereka di sana," tambahnya lagi.


Meski demikian, bukan berarti rumah ini dijual seharga 1 euro dengan cuma-cuma. Ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum dapat memiliki rumah tersebut. Termaksud di dalamnya kewajiban untuk merenovasi rumah tersebut, membayar biaya administatif dan berbagai persyaratan serta ketentuan lainnya.

Berdasarkan penjelasan dari situs case1euro.it, sebagai bagian dari kesepakatan, pembeli harus memberikan uang jaminan sebesar 5.000 euro (sekitar Rp 75 juta) yang dapat dikembalikan dalam waktu 3 tahun. Selain itu pembeli diwajibkan untuk merenovasi rumah mereka.

Pembeli harus menyiapkan proyek untuk merenovasi dan melakukan pemulihan properti dalam kurun waktu satu tahun sejak tanggal pembelian dan mulai bekerja dalam waktu dua bulan sejak tanggal penerbitan izin bangunan.


Biaya renovasi rumah berkisar antara 100 hingga 700 euro per meter persegi, sedangkan rumah yang tersedia di situs web berkisar antara 11 hingga 190 meter persegi. Jadi rumah seluas 190 meter persegi, bisa menelan biaya 133.000 euro atau sekitar Rp 1,99 miliar (dengan kurs Rp 15.000/euro) untuk direnovasi.

Selain itu untuk pembeli internasional (bukan orang Itali), pembeli perlu menyiapkan pengeluaran andministratif dan pajak tahunan, yang dapat berkisar antara 2.500 hingga 4.000 euro.

Simak Video "Dear Milenial, Ini Solusi Siasati DP Rumah Saat Ambil KPR"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com