Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 26 Des 2019 13:34 WIB

Benarkah PNS Paling Banyak Nikmati Subsidi Rumah Murah?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Danang Sugianto Foto: Danang Sugianto
Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan adanya anggapan bahwa fasilitas subsidi kredit pemilikan rumah (KPR) paling banyak dinikmati oleh pegawai negeri sipil/aparatur sipil negara (PNS/ASN), dan TNI/Polri.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Eko D Heripoerwanto menjelaskan bahwa informasi tersebut tidak benar. Karena berdasarkan data, subsidi perumahan paling banyak dimanfaatkan oleh swasta.

"Ini saya sekali lagi saya sering dalam kesempatan ini saya sampaikan bahwa tidak betul yang menyatakan bahwa KPR subsidi pemerintah ini larinya mayoritas di ASN atau PNS, atau TNI/Polri, tidak," kata dia di Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Kamis (26/12/2019).


Dari data yang dia jelaskan, selama 2015 hingga jelang akhir 2019, realisasi subsidi FLPP untuk PNS 36.526 unit, TNI/Polri 10.623 unit, dan swasta 208.384 unit.

"Kalau FLPP hampir sama juga 71% itu oleh swasta. Kalau PNS itu cuma 12%. TNI/Polri juga cuma 4%," sebutnya.

Dirinya juga menjelaskan penerima manfaat subsidi selisih bunga (SSB), realisasinya paling banyak adalah swasta 447.533 unit (72%), PNS 71.397 unit (12%), dan TNI/Polri 23.203 unit (4%).

"Angka-angka ini menunjukkan bahwa swasta adalah terbesar untuk KPR subsidi kita," tambahnya.



Benarkah PNS Paling Banyak Nikmati Subsidi Rumah Murah?


Simak Video "Soal PNS Libur Jumat, Komisi II: Nanti Kebanyakan Libur Bingung"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com