Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 04 Jan 2020 12:23 WIB

Rumah Kebanjiran Bikin Harga Jual Turun?

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Sejumlah kawasan Jabodetabek kebanjiran di awal 2020 ini. Banyak rumah-rumah yang tergenang karena banjir tersebut. Apakah rumah yang kebanjiran mempengaruhi nilai jual?

Pengamat properti dari Savills Indonesia Anton Sitorus mengatakan dari kondisi di lapangan, masalah banjir tak banyak mempengaruhi nilai jual suatu properti seperti rumah. Menurutnya, banjir hanyalah masalah sesaat.

"Persepsi orang kan begitu, kalau banjir nilai rumah turun. Cuma kenyataannya kalau kita lihat, berdasarkan fakta yang ada, nggak juga," kata Anton kepada detikcom, Sabtu (4/1/2020).

Anton menjelaskan musibah banjir tak serta-merta membuat harga rumah turun. Sebab, ada banyak faktor yang mempengaruhi nilai jual suatu rumah.


"Kalau harga perumahan itu turun, itu diborong semua. Nanti sewaktu-waktu kan akan naik. Jadi mungkin mempengaruhi minat orang sesaat aja ya. Tapi begitu nanti, berapa bulan kemudian orang lupa pernah terjadi banjir gede, mungkin nggak ke situ lagi pikirannya," jelasnya.

Anton lantas memberi contoh perumahan di Kelapa Gading dan Kemang masih memiliki nilai jual tinggi meski ikut kebanjiran. Dia bilang, hal itu juga berlaku di perumahan-perumahan lainnya.

"Lihat saja Kelapa Gading, Kemang, itu kan daerah banjir juga. Di situ rumah ada yang turun nggak? nggak juga saya bilang. Daerah elit saja kena banjir. Jadi karena orang udah maklum nggak lepas dari banjir, ya sudah. Itu sentimen sesaat," jelasnya.

"Jadi menurut saya, baik itu di Kelapa Gading, Kemang, Bekasi, pinggiran kota sana, saya pikir itu harga rumah nggak akan langsung turun, cuma sesaat aja. Beberapa bulan kemudian nggak ada juga orang yang mau turunin harga," tutupnya.

Rumah Kebanjiran Bikin Harga Jual Turun?




Simak Video "Jokowi Akan Beri Dana Stimulan Untuk Rumah Rusak Gegara Banjir "
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com