Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 15 Jan 2020 16:07 WIB

6 Instruksi Penting Jokowi dalam Pembangunan Ibu Kota Baru

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Andhika Prasetia/6 Arahan Penting Jokowi Foto: Andhika Prasetia/6 Arahan Penting Jokowi
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan enam poin penting dalam membangun ibu kota negara (IKN) baru di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim). Seluruh poin itu disampaikan saat membuka rapat terbatas (ratas) mengenai persiapan pemindahan ibu kota.

Poin pertama ialah mengenai UU pemindahan ibu kota. Jokowi meminta kepada Kepala Bappenas untuk segera menyelesaikan draft dan menyerahkannya ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Saya dengar pak Menteri Bappenas ini sudah siap sehingga segera kita sampaikan, kita berikan ke DPR agar bisa diselesaikan," kata Jokowi di kantor Presiden, Jakarta Rabu (15/1/2020).


Poin kedua mengenai kelembagaan atau pembentukan badan otoritas ibu kota. Dia meminta hal ini juga segera diselesaikan. Sedangkan poin ketiga yaitu mengenai desain. Jokowi meminta kepada kementerian dan lembaga terkait agar menyiapkan desain secara menyeluruh. Baik tata kotanya hingga sistem transportasinya.

"Saya harap nanti semuanya bisa memberikan masukan mengenai desain ini. Baik yang berkaitan dengan transportasi, karena di ibu kota baru nantinya transportasi umumnya, transportasi massa-nya akan menggunakan autonomous vehicle," jelas dia.

"Pak Menhub dan pak Menteri Riset berbicara mengenai ini, mengenai kesiapan, karena infrastruktur kalau kita betul-betul siap betul infrastrukturnya juga diarahkan kepada penggunaan electric vehicle dan autonomous vehicle," tambahnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jokowi Yakin Biaya Ibu Kota Baru Tak Lebih dari Rp 100 T"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com