Melihat Profil 3 Tokoh Internasional di Tim Pindah Ibu Kota

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 16 Jan 2020 17:38 WIB
Foto: Rifkianto Nugroho

3. Tony Blair

Pria yang memiliki nama lengkap Anthony Charles Lynton Blair ini merupakan mantan Perdana Menteri Inggris periode 1997-2007. Dia juga merupakan mantan Ketua Partai Buruh, serta Founder Tony Blair faith Foundation dan Faith and Globalisation Initiative tahun 2008.

Lahir di Edinburgh, 6 Mei 1953, Tony Blair dinekal memiliki wawasan yang luas serta sikap terbuka kepada siapa saja, hal ini juga yang membuat seorang pengacara lulusan Oxford University dipercaya menjadi Perdana Menteri.

Tony Blair masuk dunia politik tahun 1983, pada saat itu dirinya bergabung ke partai politik, Labour Party. Selang lima tahun, Blair diberikan amanah sebagai Menteri Dalam Negeri kabinet bayangan pada tahun 1988.

Pada tahun 1994, Blair terpilih sebagai Ketua Partai Buruh dalam pemilu yang diadakan pada bulan Juli. Dia menggantikan John Smith, Ketua Partai sebelumnya, yang meninggal secara tiba-tiba.

Pada pemilu tahun 1997, Blair terpilih sebagai perdana menteri karena mendapatkan suara banyak, mengalahkan lawannya yang berasalah dari Partai Konseratif. Partai ini sudah memimpin di Inggris selama18 tahun.

Selama memimpin, Blair benar-benar menjalankan janji pemilunya yaitu tidak menaikkan pajak pendapatan rakyat. Memiliki wawasan yang luas serta sikap terbukanya mampu memberikan dampak positif dalam karir pemerintahannya. Hal itu terbukti mampu meraup banyak simpatisan rakyat yang kemudian memilihnya sebagai Perdana Menteri Inggris selama tiga periode berturut-turut tahun 1997, 2001, dan 2005.
Halaman

(hek/fdl)