Meski bak 'Kota Mati', Wisma Atlet Kemayoran Masih Terawat

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 26 Jan 2020 16:10 WIB
Foto: Wisma Atlet Kemayoran/Herdi Alif Al Hikam detikcom
Jakarta -

Wisma Atlet Kemayoran telah ditinggalkan penghuninya sejak 2018. Sesuai namanya, hunian jenis vertikal ini memang diperuntukkan untuk para atlet yang berlaga di gelaran akbar Asian Games dan Asian Para Games 2018.

Dari pantauan detikcom pada Minggu (26/1/2020) areal Wisma Atlet kosong melompong bagai kota mati. Beberapa gerbang pintu masuk pun dikunci rapat, beberapa gerbang pun ditempelkan tulisan 'do not enter' alias dilarang masuk.

Biarpun dibiarkan kosong, areal Wisma Atlet tetap dijaga dan dirawat. Menurut penuturan seorang petugas keamanan di lokasi, sejauh ini masih ada petugas kebersihan dan tukang kebun yang merawat lingkungan Wisma Atlet.

"Dirawat tetap, ada petugas kebersihan dan tukang kebun. Ya memang tidak bersih banget, tapi nggak buruk lah. Saya selain jaga juga ngecek apakah fasilitas ada yang rusak itu tanggung jawab kami," kata petugas keamanan yang tidak ingin disebutkan namanya saat ditemui detikcom di lokasi, bilangan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Memang benar, bila dilihat dari luar tidak banyak sampah berserakan, rumput dan kebun pun terlihat rapih. Meski begitu, kesan tempat kosong yang ditinggalkan tetap melekat di lingkungan Wisma Atlet.

Dari catatan detikcom, Wisma Atlet Kemayoran terdiri dari 10 tower. Terbagi atas tiga tower di Blok C-2 seluas 135.000 m2 dan tujuh tower di Blok D-10 seluas 333.700 m2.

Untuk Blok C-2 total unit huniannya 1.932 unit dan Blok D-10 akan memiliki 5.494 unit hunian. Unit hunian yang dibangun merupakan tipe 36 dengan fasilitas dua kamar tidur, ruang tamu, dapur, kamar mandi dan tempat cuci jemur.

Setiap unit Rusun sudah dilengkapi dengan meubel seperti tempat tidur, lemari pakaian, kursi dan meja tamu, pendingin ruangan dan penghangat air di setiap kamar mandi.

Meski bak 'Kota Mati', Wisma Atlet Kemayoran Masih Terawat



Simak Video "Ambulans Masih Hilir Mudik di RSD Wisma Atlet Kemayoran"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)