Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 09 Feb 2020 22:00 WIB

Tumbuh Subur, Perumahan Syariah Buat Siapa?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Susahnya orang Indonesia beli rumah Foto: Luthfy S
Jakarta -

Hunian-hunian berkonsep syariah kini mulai bermunculan di berbagai daerah. Rumah yang didirikan oleh developer tanpa pendanaan dari bank ini memiliki konsep yang sangat islami.

Mulai dari tanpa riba, tanpa denda, tanpa sita, tanpa pemeriksaan skor kredit, tanpa akad yang bathil, tanpa asuransi hingga tanpa bunga seperti cicilan pada bank konvensional.

Jika namanya saja sudah syariah, sebenarnya siapa pasar yang dituju dari konsep penyediaan rumah ini?

Developer dan praktisi properti syariah, Amin menjelaskan perumahan-perumahan syariah ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat yang tidak memiliki akses ke perbankan.

"Kami memang membidik masyarakat yang tidak punya rekening bank, tidak punya slip gaji tapi penghasilan mereka ada setiap bulan," kata Amin kepada detikcom akhir pekan ini.

Meskipun ada nama syariah dan bernuansa islami, rumah syariah ini juga boleh dimiliki oleh masyarakat non muslim. Memang ada syarat yang harus dipenuhi.

"Boleh untuk non muslim, hanya saja kami sampaikan di awal. Pak bu, nanti di lingkungan ini akan ada acara seperti pengajian. Tidak akan terganggu kan? Mereka senang-senang saja dan tidak merasa terganggu. Jadi siapa bilang perumahan syariah hanya untuk muslim?," jelasnya.



Marketing DAV Properti Syariah, Indra mengungkapkan saat ini developer berupaya memfasilitasi gaya hidup halal yang semakin tumbuh dan berkembang di Masyarakat.

Hal ini menandakan bahwa masyarakat mulai menerapkan Gaya Hidup Halal dalam kehidupan sehari-hari.

"Oleh karena itu Developer Property Syariah ikut serta dalam mengembangkan gaya hidup halal dengan menyediakan Rumah dengan Skema pembayaran sesuai Syariat Islam," kata dia.

Dia menjelaskan ketika ingin mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) secara umum skema pembayarannya mengandung bunga, sehingga ada biaya yang harus dibayar untuk bunga tersebut.

"Berbeda dengan Property Syariah yang Tanpa mengandung Bunga/Riba karena telah dilarang dalam Syariat Islam, sehingga Harga relatif lebih murah," imbuhnya.



Simak Video "Dear Milenial, Ini Solusi Siasati DP Rumah Saat Ambil KPR"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com