Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 10 Feb 2020 18:55 WIB

Plus Minus Beli Rumah Antiriba

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Insert fokus: Kapan Bunga KPR Turun? Foto: Tim Infografis: Mindra Purnomo
Jakarta -

Pembangunan rumah antiriba atau rumah berkonsep syariah saat ini kian marak. Para developer atau pengembang berupaya untuk memfasilitasi kebutuhan gaya hidup halal yang saat ini menjadi tren di kalangan masyarakat.

Ada sejumlah keuntungan yang bakal diperoleh mereka yang membeli rumah secara syariah tanpa riba. Pertama, calon pembeli tidak perlu melalui seleksi atau pemeriksaan skor kredit di Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).

Kemudian, rumah syariah juga menawarkan metode tanpa sita dan tanpa denda. Sehingga pembeli yang menemui kendala di tengah jalan dapat melakukan diskusi dengan pihak pengembang untuk penyelesaian masalah.


Marketing DAV PROSYAR Indra mengungkapkan rumah syariah anti riba memiliki prinsip-prinsip yang sesuai dengan syariah. Misalnya dalam bermualah masyarakat harus sesuai dengan syariat islam agar hidup semakin berkah.

"Demikian juga membeli rumah harus dengan skema pembayaran sesuai syariah islam. Properti syariah secara umum mempunya 7 prinsip dalam bermuamalat yang insya allah sesuai syariat Islam seperti Tanpa bank, BI checking, tanpa sita, tanpa denda, tanpa riba atau bunga, tanpa akad bathil dan tanpa asuransi," kata Indra saat dihubungi detikcom akhir pekan lalu.

Direktur Indonesia Development and Islamic Studies (IDEAS) dan Staf Pengajar FEUI Yusuf Wibisono menjelaskan, memang membeli rumah syariah langsung dari developer adalah kemudahan.

Namun juga ada risiko yang mengintai. Misalnya dari sisi kepercayaan, kedua belah pihak.

"Kalau dengan bank kan ada pengawasannya dari regulator, kalau langsung kan tidak ada," ujar dia.

Kemudian, masih ada pengembang-pengembang jahat yang berkedok perumahan syariah. Sehingga mengganggu bisnis perumahan ini.

Sehingga, jika masyarakat ingin mengambil rumah di perumahan anti riba. Bisa melakukan crosscheck ulang bagaimana latar belakang perusahaan dan bagaimana kondisi sekitar proyek.



Simak Video "Dear Milenial, Ini Solusi Siasati DP Rumah Saat Ambil KPR"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com