Bertemu Jokowi, Tony Blair: Saya Diminta Bawa Orang Terbaik ke Sini

Danang Sugianto, Danang Sugianto - detikFinance
Sabtu, 29 Feb 2020 14:35 WIB
Jokowi Sambut Hangat Tony Blair dan Bos Softbank di Istana
Foto: Danang Sugianto
Jakarta -

Mantan Perdana Menteri (PM) Inggris, Tony Blair mengungkapkan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin berlangsung baik dan proyek pindah ibu kota ini akan menjadi istimewa karena pengembangannya menekankan pada aspek kebersihan dan penghijauan.

"Melakukan hal terbaik untuk lingkungan namun juga ibu kota baru tersebut memungkinkan ekonomi negara secara keseluruhan untuk pembangunan dan pertumbuhan," ujar Tony dalam keterangannya usai bertemu dengan Presiden Jokowi dikutip dari laman Setkab, Sabtu (29/2/2020).

Menurut Tony, banyak hal yang masih harus dibahas tetapi untuk saat ini dalam perkembangan Indonesia. "ini adalah waktu yang sangat menyenangkan untuk berada di sini dan merasa terkesan luar biasa oleh visi Presiden dan komitmennya terhadap proyek baru ini," katanya.

Lebih lanjut, Tony mengungkapkan dirinya hadir di sini karena melihat visi Jokowi untuk ibu kota baru sangat menarik. Ia menambahkan ibu kota baru ini akan menjadi tempat bagi orang ingin datang dan tinggal dan bekerja, tetapi itu tidak hanya akan menjadi ibu kota dalam arti menjadi pemerintah pusat, tetapi ibu kota yang dapat menawarkan dimensi baru bagi perekonomian Indonesia.

"Bagaimana ia berkembang dan menjadi contoh bagi teknologi terbaik, selama pengembangan dalam lingkungan berkelanjutan, saya diminta membawa orang terbaik untuk hadir di sini apakah itu dalam hal teknologi, universitas maupun lainnya," tambah Tony.

Dengan demikian, menurut Tony, bangsa Indonesia menciptakan sesuatu yang mutlak dan dapat diidentifikasi sebagai modal untuk Indonesia tetapi juga merupakan tempat di mana orang-orang dari seluruh dunia ingin berkontribusi karena melihat ini adalah proyek yang menarik.

"Jadi saya pikir peran saya adalah benar-benar mencoba melakukan kontak di Inggris atau di tempat lain tetapi tidak terbatas pada siapa pun negara atau siapa pun geografi tetapi sangat banyak tentang mencoba memastikan bahwa orang-orang terbaik dibawa untuk menjadi bagian dari proyek ini," sambungnya.

Secara terus terang, Tony menyampaikan ibu kota baru akan jadi tempat untuk orang-orang yang kembali bergerak, tinggal, dan bekerja di kota dan karena pada akhirnya, mereka akan merasakan bagian dari sesuatu yang mengasyikkan, baru, dan berbeda.

"Itu datang pada titik perubahan yang luar biasa dari perubahan teknologi secara global dan perubahan dalam perkembangan Indonesia itu sendiri dan saya pikir itu adalah hal yang sangat menarik," tambahnya.

Sebagai informasi, Tony menyampaikan akan menggunakan relasi yang dimilikinya sehingga dapat mencoba dan membawa sebanyak mungkin orang untuk menjadi bagian dari pembangunan ibu kota baru.

Selanjutnya
Halaman
1 2