Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 08 Mar 2020 16:40 WIB

Profil Azwar Anas, Pesaing Ahok Pimpin Ibu Kota Baru RI

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menerima penghargaan dari KemenPAN RB. Yakni sebagai Bupati Pembina Pelayanan Publik dengan kategori sangat baik. Foto: Istimewa
Jakarta -

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menjadi salah satu kandidat Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) yang disebut Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ia akan bersaing dengan beberapa kandidat lain yakni Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tajahaja Purnama (Ahok), Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro, dan Direktur Utama PT Wijaya Karya Tbk Tumiyana.

Dalam catatan detikcom, Anas punya sejumlah capaian saat memimpin Banyuwangi. Capaian itu di antaranya, pada tahun 2018-2019 Banyuwangi ditetapkan sebagai kabupaten terinovatif oleh Kementerian Dalam Negeri. Banyuwangi juga menjadi kabupaten pertama di Indonesia yang meraih nilai A dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP).

Selain itu, Anas juga menginisiasi program Rantang Kasih yang mendistribusikan makanan bergizi setiap hari secara gratis kepada warga lanjut usia dan pemberian uang saku setiap hari untuk pelajar kurang mampu.

Di Banyuwangi, ada juga program Smart Kampung yang mendorong penggunaan teknologi dalam pelayanan publik berbasis desa.

Untuk diketahui, Anas menempuh pendidikan S1 di Universitas Indonesia Fakutas Sastra (1994-1999) dan S1 IKIP Jakarta Fakultas Teknologi Pendidikan (1992-1998). Ia menempuh pendidikan S2 di Universitas Indonesia Fakultas Ilmu Sosial dan Politik 2002-2005.

Sebelum menjadi bupati, Anas tercatat pernah menjadi anggota MPR (1997-1999) dan anggota DPR (2004-2009).



Simak Video "Kata Ahok Soal Dia Ungguli Anies di Survei Atasi Banjir"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com