Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 12 Mar 2020 20:15 WIB

Ada Tiga Akses Jalan ke Ibu Kota Baru, Ini Rutenya

Soraya Novika - detikFinance
Presiden Joko Widodo memutuskan ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur (Kaltim. Berikut ini penampakan salah satu titik lahan untuk ibu kota baru di Kaltim Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta -

Groundbreaking ibu kota baru di Kalimantan Timur bakal dimulai Oktober 2020. Infrastruktur yang dibangun setelah groundbreaking dimulai adalah pembangunan jalan akses ke lokasi ibu kota baru, membangun bendungan, dan drainase.

Khusus untuk jalan, Menurut Dirjen Cipta Karya Danis Sumadilaga akan dibangun tiga jalan akses menuju Ibu Kota Baru dengan opsi jalan tol dan non-tol. Ketiga ruas jalan yang dimaksud adalah dari Balikpapan ke Ibu Kota Baru, kemudian dari sisi selatan Penajam Paser Utara ke Ibu Kota Baru, dan dari Samarinda ke Ibu Kota Baru.

"Akses menuju ibu kota itu bisa dari arah Balikpapan, bisa dari Samarinda awal, kemudian bisa juga dari arah selatan," ungkap Danis di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Lebih lanjut, Danis merinci perkiraan panjang masing-masing jalan yang akan dibangun tersebut.

"Kalau yang tahap awal diperkirakan dari Balikpapan sampai ke Sepaku itu kurang lebih 60 Km, ada juga dari daerah Semboja ke arah sana (Ibu Kota Baru) hanya sekitar 30-40 Km, mungkin juga dari arah selatan menuju Ibu Kota itu sekitar 60 Km," paparnya.

Akan tetapi, sesuai rencana keseluruhan sebenarnya ada total 5 ruas jalan yang menghubungkan Ibu Kota Baru dengan daerah-daerah lain di pulau Kalimantan. Kelima ruas jalan bebas hambatan itu terdiri dari Tol Balsam KM38 - Outer Ring Road Ibu Kota Baru, Segmen 1 - Tol Balsam KM 13 - JC Penajam, Segmen 2 - Tol Balsam KM 13 - Outer Ring Road Ibu Kota Baru, Tanah Grogot - Penajam/Outer Ring Road Ibu Kota Baru, dan Outer Ring Road Ibu Kota Baru.



Simak Video "Usai Masa Reses, RUU Ibu Kota Baru Akan Diserahkan ke DPR"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com