Tambah Lagi, 3 Tower Wisma Atlet Kemayoran Siap Jadi RS Corona

Vadhia Lidyana - detikFinance
Kamis, 09 Apr 2020 10:09 WIB
Pemerintah telah menyiapkan infrastruktur untuk penangan Corona atau COVID-19. Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, akan dijadikan rumah sakit darurat dan rumah isolasi pasien.
Wisma Atlet Kemayoran/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Sebanyak tiga tower di Wisma Atlet Kemayoran dialihkan lagi fungsinya sebagai fasilitas penanganan virus Corona (COVID-19). Kini, totalnya ada 7 tower di Wisma Atlet Kemayoran yang jadi Rumah Sakit (RS) Darurat COVID-19.

"Kementerian PUPR akan kembali mempersiapkan dan merenovasi tiga tower tambahan yakni tower 2, 4 dan 5 Wisma Atlet Kemayoran sebagai RS Darurat COVID-19," kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi dalam keterangan resmi yang dikutip detikcom, Kamis (9/4/2020).

Penambahan tiga tower ini masuk dalam pembangunan RS Darurat Corona tahap dua. Dari tiga tower tersebut akan dibagi-bagi fungsinya baik sebagai fasilitas penampung tim paramedis, maupun pasien Corona.

Adapun peruntukkan tower 2 akan dihuni para dokter dan perawat. Tower 2 memiliki kapasitas 886 unit dan mampu menampung sebanyak 2.458 orang paramedis. Sementara, tower 4 dan 5 akan menjadi ruang rawat inap tambahan bagi pasien Corona. Kedua tower tersebut memiliki kapasitas 886 unit dan mampu menampung 2.458 pasien.

"Kami memperkirakan pekerjaan persiapan tambahan tiga tower untuk RS Darurat COVID-19 ini akan selesai pada pekan depan yakni sekitar hari Sabtu tanggal 18 April 2020 mendatang," imbuh dia.

Lebih lanjut, pemerintah juga akan meningkatkan fungsi tower 6 yang sebelumnya sudah ditetapkan sebagai ruang rawat inap menjadi RS. Pada tower 6 di lantai 1 akan dibangun ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD), lantai 2 juga akan dibangun ruang ICU, dan lantai 3 sebagai ruang pemulihan. Berdasarkan site plan yang ada di RS Darurat Corona, maka 24 lantai lainnya di tower 6 akan digunakan sebagai ruang isolasi pasien.

Sebagai informasi, tower yang dimanfaatkan sebagai RS Darurat pada tahap 1 adalah tower 1 sebagai Posko Sub Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, tower 3 untuk tempat tinggal para dokter dan perawat serta tim paramedis. Lalu, tower 6 dan tower 7 untuk menampung pasien Corona.

Berdasarkan data yang dihimpun di lapangan, sampai dengan Selasa tanggal 8 April 2020 tercatat sebanyak 527 pasien telah terdaftar pada RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran. Dari angka tersebut, sebanyak 336 pria dan 191 orang wanita. Dari jumlah 527 pasien tersebut sebanyak 318 pasien positif COVID-19, ODP 59 orang, dan PDP 150 orang.



Simak Video "Sederet Fakta soal Wisma Atlet yang Dijadikan RS Darurat Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)