Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 10 Apr 2020 20:30 WIB

Bisnis Hotel Kapsul yang Bertahan Digempur Corona

Vadhia Lidyana - detikFinance
Shelter Pod Corona Foto: Shelter Pod Corona (istimewa/Li Ka Shing Foundation)
Jakarta -

Dampak virus Corona (COVID-19) terhadap industri pariwisata Indonesia sangat dahsyat. Terutama dampaknya terhadap penurunan jumlah pengunjung di sejumlah hotel. Bahkan, sudah lebih dari 1.500 hotel di Indonesia terpaksa tutup demi mengurangi beban biaya operasional ketika tak ada pemasukan saat ini.

Namun, ternyata ada salah satu pebisnis hotel yang masih mampu bertahan di tengah gempuran Corona, yakni hotel dengan konsep kamar berbentuk kapsul, yakni Bobobox Indonesia. Meski sejumlah hotel memilih tutup, namun hotel kapsul tersebut masih membuka operasionalnya.

"Jadi sampai saat ini Bobox masih beroperasi di semua cabang di Indonesia," ungkap CEO dan founder Bobobox Indonesia Indra Gunawan dalam konferensi pers virtual, Jumat (10/4/2020).

Bahkan, hotel kapsul Bobobox terutama yang berlokasi di Jakarta masih memperoleh pengunjung dengan tingkat okupansi hingga 50%. Sementara, hotel lainnya menurut data Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), tingkat okupansinya sudah berada di bawah 9%.

"Tapi beberapa site kita terutama Jakarta masih memperoleh okupansi 40-50%, jadi masih bisa sustain," kata Indra.

Meski begitu, ada beberapa cabang Bobobox yang lokasinya di daerah wisata mengalami penurunan okupansi yang cukup signifikan.

"Tentunya wabah Corona ini berdampak tidak hanya untuk Bobobox tapi untuk semua industri perhotelan di Tanah Air. Tapi tidak dipungkiri ada beberapa cabang yang berlokasi di tempat-tempat tourism yang kena dampak lebih besar lagi," papar dia.

Selain itu, Indra menegaskan pihaknya tetap mengawal ketat protokol pencegahan Corona di cabang-cabangnya.

"Jadi kalau dari segi hotelnya sendiri sampai saat ini kita masih beroperasi, sambil kita monitor dengan ketat perkembangan penyebaran COVID-19 ini," jelas Indra.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com