Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 20 Apr 2020 21:30 WIB

Cegah Corona, Rusunawa di Lampung Selatan Dipakai Karantina Pemudik

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Poster Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Fasilitas rumah susun sewa alias rusunawa kembali dijadikan sebagai tempat isolasi Corona. Kali ini, sebuah rusunawa untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Lampung dengan kapasitas 42 unit hunian dijadikan tempat isolasi Corona.

Lokasi Rusunawa MBR tersebut berada di Jalan Lintas Sumatera Nomor 16, Agom, Kedaton, Kabupaten Lampung Selatan. Saat ini statusnya masih dalam proses serah terima dari Kementerian PUPR ke Pemda setempat.

"Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Lampung dan pemerintah daerah terus bekerja keras dalam menangani COVID-19 dengan memaksimalkan hunian dan fasilitas yang ada di Rusunawa untuk dijadikan tempat isolasi sementara," kata Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Lampung, Zubaidi lewat keterangan resmi, Senin (20/4/2020).

Sebelumnya, Bupati Lampung Selatan pada tanggal 9 April 2020 telah mengajukan Permohonan Pinjam Pakai Sementara Rusunawa MBR di Kabupaten Lampung Selatan. Tujuannya, untuk dijadikan tempat isolasi masyarakat yang kembali dari luar kota atau mudik ke daerah Lampung Selatan pada saat Bulan Suci Ramadhan dan Menjelang Idul Fitri.

Kementerian PUPR pun mengizinkan pemanfaatan Rusunawa MBR tersebut dengan meminta Pemda dan masyarakat untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Rusunawa tersebut terdiri dari tiga lantai dan memiliki jumlah hunian sebanyak 42 unit dan dapat menampung 168 orang. Kementerian PUPR juga telah melengkapi hunian vertikal tersebut dengan fasilitas meubel berupa tempat tidur, lemari pakaian, sofa, meja makan serta meja tamu.

Sebelumnya, pemerintah telah melaksanakan alih fungsi rusunawa, antara lain Wisma Atlet Kemayoran di Jakarta sebagai Rumah Sakit (RS) Darurat Penanganan COVID-19.

Begitu juga dengan rusunawa pekerja atau Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat yang sudah dialihkan fungsinya sementara sebagai fasilitas isolasi OTG dan ODP kasus kontak COVID-19.

Terakhir, rusunawa ASN di Kabupaten Bombana Provinsi Sulawesi Tenggara juga telah dimanfaatkan pemda setempat sebagai ruang isolasi pasien corona.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com