Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 30 Apr 2020 17:25 WIB

Bappenas Pastikan Pembangunan Ibu Kota Baru Tetap Jalan

Hendra Kusuma - detikFinance
Hutan Akasia milik Sukanto Tanoto Lahan Ibu Kota Baru/Foto: Ibad Durohman
Jakarta -

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) memastikan pembangunan ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur tetap dilaksanakan. Bahkan, proses pembangunannya masuk dalam rencana kerja pemerintah (RKP) tahun 2021.

Deputi Pengembangan Regional Bappenas, Rudy Prawiradinata mengatakan pembangunan IKN masuk dalam prioritas nasional kedua yang mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan.

"Kelanjutan IKN di RKP 2021, terkait dengan sebagaimana dipaparkan sebelumnya fokus di 2021 adalah pada 4 prioritas nasional tadi. Jadi yang IKN itu masuk di prioritas nasional 2," kata Rudy dalam video conference, Jakarta, Kamis (30/4/2020).

Rudy mengatakan proses pembangunan IKN di Kalimantan Timur ini masih dalam tahap penyelesaian persiapan-persiapan teknis seperti masterplan. Namun dirinya menyebut pembangunan IKN tidak lagi menjadi fokus utama pemerintah, akan tetapi tidak menutup kemungkinan pada tahun depan dimulai pembangunan infrastruktur dasar.

"Nanti 2021 tentu akan ada penyesuaian, yang pasti tidak menjadi fokus utama. Karena masih di prioritas nasional 2. Jadi mungkin masih ada, tapi masih di basic-basicnya saja yang akan nanti disiapkan, untuk penyiapan infrastruktur dasar, dan lainnya," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jokowi Sebut Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com