Anggaran Ibu Kota Baru Jadi Dikucurkan, Bu Sri Mulyani?

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 17 Jun 2020 08:30 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani, Blak-blakan dengan detik.com, Rabu (24/4/2019)
Foto: Agung Pambudhy

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) menyebut proyek pembangunan ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur akan tetap dikerjakan pemerintah.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menilai proyek tersebut menjadi salah satu strategi pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional (PEN) pasca dampak virus Corona alias COVID-19.

Suharso menceritakan, program pemindahan IKN ke Kalimantan Timur akan mengandalkan modal dari para investor karena pemerintah memutuskan hanya menggunakan sebagian kecil dari APBN. Ketergantungan terhadap investasi akan menjadi daya tarik bagi investor untuk mensukseskan proyek tersebut.

Lebih lanjut Suharso menceritakan, dampak positif pembangunan IKN baru sangat luas. Dia mencontohkan misalnya kebutuhan batu yang digunakan pada IKN akan disuplai dari daerah yang memiliki bebatuan banyak.

"Ibu kota negara menurut saya sebuah opportunity yang besar dan dia punya efek berantai, dan akan menjadikan Samarinda dan Balikpapan menjadi sumber pertumbuhan baru," kata dia dalam video conference, Jakarta, Selasa (9/6/2020).

Meski demikian, Suharso mengaku pelaksanaan pembangunan IKN masih menunggu penyelesaian masterplan oleh Bappenas.

"Sudah banyak orang yang tanya kapan mulai, saya bilang kita sedang siapkan masterplan dan ini akan menciptakan jam kerja luar biasa besar dan dia akan beri efek berantai," ungkapnya.

Halaman

(toy/fdl)