Yang Perlu Dicatat Sebelum Bikin 'Kantor' di Rumah Buat WFH

- detikFinance
Minggu, 19 Jul 2020 17:45 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Bekerja di rumah karena ada pandemi Corona bisa mengurangi produktivitas dan berefek untuk hasil pekerjaan yang dilakukan. Untuk itu, ruang kerja yang nyaman sangat diperlukan selama bekerja walaupun di rumah.

Jangan khawatir, membuat ruangan kerja di rumah seperti di kantor nggak terlalu sulit kok. Direktur PT. Optima Karya Disain, Ika Yuni Purnama mengatakan ruangan minimal 3 x 3 sudah bisa menjadi ruang kerja yang ideal di rumah.

"Kalau kita kerja minimal 3 x 3 sudah cukup. Tidak harus luas yang penting cukup satu meja atau dua meja untuk laptop. Kursi bisa dua atau satu itu 3 x 3 cukup minimal," ujar Ika kepada detikcom, Minggu (19/7/2020).

Yang tidak kalah penting, ada jendela untuk membuat sirkulasi udara keluar-masuk dengan baik di ruang kerja. Pencahayaan juga dipastikan harus mendukung untuk melakukan rapat atau pertemuan yang serba virtual saat ini.

"Pilih ruangan yang ada jendela supaya sirkulasi udara bisa diatur, kalau AC mati bisa ada jendela. Ada jendela menghadap luar itu lebih enak jadi saat bosan di dalam kita bisa (melihat) keluar. Jadi sirkulasi udara yang enak itu bisa membuat kita betah dalam ruangan," tuturnya.

Founder Pikat Architekt Bureau, Pikat Satriadji menambahkan bahwa posisi ruang kerja harus memiliki sinyal atau jaringan internet yang kuat. Tidak boleh ketinggalan juga stop kontak untuk sumber listrik.

"Stop kontak harus ada buat kita ngecharge laptop atau handphone (HP). Nah yang lebih penting lagi cari koneksi internet tuh harus kuat," ucapnya.



Simak Video "Tips Google Supaya Kerja dari Rumah Selama Pandemi Bisa Efektif!"
[Gambas:Video 20detik]
(Anisa Indraini/dna)