Tren WFH Makin Panjang Imbas PSBB, Ini Tips Bikin 'Kantor' di Rumah

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 20 Sep 2020 17:40 WIB
wfh kerja dari rumah
Foto: Andhika Akbarayansyah/Tim Infografis
Jakarta -

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jakarta yang kembali diterapkan membuat tren bekerja dari rumah (work from home/WFH) berlanjut. Untuk itu, menciptakan ruang kerja yang nyaman sangat diperlukan.

Direktur PT Optima Karya Disain, Ika Yuni Purnama membagikan tips cara membuat ruang kerja di rumah untuk WFH. Pertama, sediakan ruangan minimal 3 x 3.

"Nggak harus luas yang penting cukup dan nyaman satu meja atau dua meja untuk laptop. Kursi bisa dua atau satu, jadi kira-kira 3 x 3 cukup minimal," ujar Ika kepada detikcom, Minggu (20/9/2020).

Yang tidak kalah penting, harus ada jendela di ruangan tersebut untuk membuat sirkulasi udara keluar-masuk dengan baik di ruang kerja. Pencahayaan juga dipastikan harus mendukung untuk melakukan rapat atau pertemuan yang serba virtual saat ini.

"Cobalah memindahkan meja kerja ke dekat jendela agar mendapat lebih banyak cahaya atau terpapar bias matahari pagi," ucapnya.

Untuk dekorasi bisa disesuaikan dengan tema kesukaan masing-masing. Anda bisa meletakkan barang kesukaan atau yang menggambarkan diri agar ruang kerja tidak terkesan monoton.

"Anda dapat menempatkan barang-barang terkait hobi seperti alat musik, pajangan dinding, lukisan, ataupun foto," sebutnya.

Pilihan warna untuk ruangan kerja juga tidak boleh disepelekan lho. Founder Pikat Architekt Bureau, Pikat Satriadji mengatakan ruangan yang tidak terlalu besar bisa pilih warna-warna terang untuk dinding guna membuat ruangan terlihat lebih besar.

"Kalau ruangannya sempit jangan warna gelap, nanti jadi bikin tambah ngantuk, tambah sempit, kayak sumpek gitu. Kalau sempit pakai warna-warna terang kayak putih, cream, atau biru yang light atau warna-warna kayu, jadi kayak minimalis gitu," ucapnya dihubungi terpisah.

"Kalau ruangannya rada besar main hitam putih, main monochrome juga enak karena itu katanya menambah feeling untuk konsentrasi di warna-warna monochrome seperti abu-abu atau hitam putih," tambahnya.



Simak Video "Ribuan Orang Berdesakan Urus Visa, 11 Orang Tewas Terinjak"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)