Filosofi Kakak Beradik di Balik Rumah Gang Cipulir yang Mendunia

Herdi Alif Alhikam - detikFinance
Senin, 21 Sep 2020 10:51 WIB
Rumah The Twins
Foto: Fernando Gomulya via Delution
Jakarta -

The Twins, sebuah rumah mungil di tengah pemukiman padat ibu kota diganjar penghargaan dunia. Rumah yang letaknya di dalam salah satu gang sempit di kawasan Cipulir ini berhasil menarik perhatian dunia.

Karena letaknya di pemukiman padat, The Twins pun dibangun di lahan yang cuma seluas 70 meter persegi.

Perusahaan arsitek Delution, menjadi pihak di balik ciamiknya desain The Twins yang berhasil menyita perhatian dunia. CEO Delution Muhammad Egha bercerita rumah ini terinspirasi dari dua orang kakak beradik, yang merupakan pemilik rumah tersebut.

Egha mengatakan kedua kakak beradik itu hidup bersama dalam satu rumah. Berangkat dari situ, pihaknya pun berpikiran untuk mendesain dan membentuk rumah itu berupa dua bangunan yang berdiri berdampingan dalam satu petak.

"Jadi untuk mengakomodir dua kakak beradik ini kami buatlah The Twins, nah namanya kakak beradik kan hubungannya bisa naik dan turun, maka kami buat dua bangunan yang cuma terpisah 1 meter oleh sebuah pintu kaca" ujar Egha saat berbincang bersama detikcom di kantornya, bilangan Bintaro, Tangerang Selatan.

Dua bangunan yang berdampingan ini pun menurut Egha bagaikan simbol hubungan kakak beradik. Ada kalanya saling bersama, namun ada juga waktu di mana keduanya butuh waktu sendiri-sendiri.

"Jadi ibaratnya lagi marahan mau sendiri-sendiri bisa ditutup (pintu pemisahnya), kalau dibuka bisa satu lagi," kata Egha.

Selain itu dua bangunan The Twins ini bentuknya tidak mirip, ada satu bangunan yang lebih tinggi dari bangunan satu lagi. Menurut Egha, yang juga ikut dalam tim desain The Twins, bagai melambangkan kakak dan adik yang sedang bergandengan.

"Kalau bicara filosofinya ya karena ini kakak beradik ada dua rumah kembar berdekatan, kayak kalau dilihat ini kan ada rumah yang pendek ada yang tinggi, ini kayak kakak gandeng adiknya aja, ungkap Egha.

Dalam membuat sebuah karya, Egha mengatakan pihaknya ingin membuat sesuatu yang ikonik. Tak terkecuali saat menggarap rumah The Twins. Meskipun lokasi The Twins berada di dalam gang sempit, dia ingin rumah itu menjadi ikonik di tengah lingkungannya.

"Dalam melakukan suatu pekerjaan produk kami adalah iconic space, jadi sesuatu yang iconic, sesuai dengan idealisme kita sendiri a new paradigm atau sebuah paradigma baru," ujar Egha.

Sebagai informasi, rumah The Twins merupakan proyek yang digarap Egha dan kawan-kawannya sejak 2018 dan selesai di tahun 2019. Rumah ini berhasil menyabet penghargaan Small Architecture+ Small Living by People Choice pada ajang Artichizer Award 2020.



Simak Video "Melihat Potensi Bisnis Minuman Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)