Rumah di Gang Cipulir yang Mendunia Dibangun Pakai Material Murah

Herdi Alif Alhikam - detikFinance
Senin, 21 Sep 2020 12:00 WIB
Rumah The Twins
Foto: Fernando Gomulya via Delution
Jakarta -

Rumah yang berada di gang sempit padat penduduk di Cipulir, Jakarta Selatan berhasil menyabet penghargaan dunia. Meski mendapatkan perhatian dunia, ternyata rumah ini dibangun dengan bahan material yang biasa saja.

CEO Delution Muhammad Egha selaku pihak yang mendesain rumah tersebut menyatakan material yang digunakan di rumah tersebut tidak ada yang spesial. Meskipun hasil dari rumah yang diberi nama The Twins ini menjadi cukup ciamik.

Bahkan materialnya pun cenderung mudah ditemukan dan bisa didapatkan dengan harga murah. Pada pembuatan lantai misalnya, pihaknya bahkan tidak mengeluarkan uang banyak untuk keramik, pasalnya lantai rumah The Twins cuma berupa acian semen mentah bagai rumah di kampung zaman dahulu.

"Kita gunakan material yang umum dipakai, nggak ada yang aneh-aneh, tekniknya juga nggak aneh-aneh. Ini nih kayak lantainya aja ini, cuma acian mentah biasa aja, nggak pakai keramik kan kayak rumah-rumah Jawa zaman dulu begini kan," jelas Egha saat berbincang bersama detikcom, di kantornya, bilangan Bintaro, Tangerang Selatan.

Kemudian di dinding depan pun pihaknya tidak menggunakan material yang sulit ditemui. Dia bercerita dinding di depan rumah cuma memaksimalkan teknik kamprot untuk membentuk tekstur tembok yang terlihat natural.

"Nah dinding depannya juga yang kelihatan keren, padahal ini biasa aja, cuma pakai teknik kamprot, jadi kesannya natural aja," ungkap Egha.

Bahkan uniknya lagi, pada salah satu pintu di dalam rumah The Twins ada yang cuma dibuat dari triplek. Padahal, umumnya paling minim membuat pintu dengan material kayu HPL.

"Malah ini pintunya aja ada yang cuma pakai triplek lho, cuma treatmentnya beda, kita yang cariin tripleknya cari yang kualitasnya bagus, yang warnanya cerah. Malah ini biasanya minim-minimnya orang pakai HPL lho buat pintu, kita triplek aja bisa bagus," ujar Egha.

"Nggak ada yang spesial, biasa aja semuanya, material itu tergantung treatment-nya aja," sebutnya.



Simak Video "Melihat Rumah Mungil yang Raih Penghargaan Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)