Heboh 'Showroom' di Perumahan, Pahami Aturan Ini

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 19 Okt 2020 18:30 WIB
Penghuni-Sekuriti Perumahan di Tangerang Ribut Gegara Rumah Showroom Mobil
Foto: (screenshot video)
Jakarta -

Seorang penghuni Perumahan Green Lake City, Cipondoh, Kota Tangerang mengubah tempat yang dia tinggali menjadi 'showroom' mobil.

Sayangnya apa yang dilakukan oleh penghuni berinisial TS (21) itu membuat heboh lantaran memarkirkan hingga 15 mobil di sekitar rumahnya secara sembarangan hingga ke jalan depan carport.

Belajar dari kondisi tersebut, sebaiknya perhatikan 2 syarat berikut:

1. Dilarang Parkir Sembarangan

Pengembang perumahan yang tergabung dalam Real Estate Indonesia (REI) pun merespons kejadian itu. Dia menjelaskan bahwa penghuni perumahan dilarang memarkirkan kendaraan di luar area rumah atau di depan rumah hingga memakan jalan umum.

"Nggak boleh. Sebenarnya kan sama sekali nggak boleh parkir di pinggir jalan kan. Di perumahan lho ya," kata Ketua Umum REI Paulus Totok Lusida saat dihubungi detikcom, Minggu (18/10/2020).

Menurutnya di perumahan sudah ada aturan yang mengatur hal tersebut. Kalau pun hunian di perumahan tidak ada tempat parkirnya maka kendaraan harus diparkirkan di tempat lain yang sesuai peruntukannya.

2. Syarat Rumah Jadi Tempat Usaha

Berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman, hal itu diperbolehkan tapi harus memerhatikan sejumlah aspek.

Penjelasannya terdapat di Pasal 49, yakni (1) pemanfaatan rumah dapat digunakan sebagai kegiatan usaha secara terbatas tanpa membahayakan dan tidak mengganggu fungsi hunian.

Lalu, (2) pemanfaatan rumah selain digunakan untuk fungsi hunian harus memastikan terpeliharanya perumahan dan lingkungan hunian.

"Ketentuan mengenai pemanfaatan rumah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan peraturan daerah," jelas poin 3 dalam Pasal 49 dikutip detikcom, Minggu (18/10/2020).



Simak Video "Ribut-ribut Satpam dan Pemilik Showroom di Tangerang Berujung Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)