Libur Bayar Cicilan KPR di Negara Ini Diperpanjang 6 Bulan

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 02 Nov 2020 10:39 WIB
Hispanic Couple Viewing Potential New Home
Ilustrasi/Foto: Istock
Jakarta -

Pemerintah Inggris memperpanjang libur bayar cicilan rumah atau KPR selama enam bulan ke depan. Kebijakan ini dilakukan untuk membantu finansial masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

Langkah ini juga dilakukan sebagai bagian dari dukungan keuangan oleh pemerintah Inggris menuju lockdown kedua pada Kamis mendatang. Sebelumnya masyarakat telah diberikan libur pembayaran cicilan rumah sejak awal pandemi yang akan berakhir Sabtu pekan ini.

Dikutip dari BBC, Senin (2/11/2020) jika belum mendapatkan perpanjangan pembayaran cicilan, pemilik rumah bisa langsung meminta kepada pihak properti. Selama periode ini, bunga masih akan bertambah atas utang peminjam.

Minggu lalu, sebuah studi oleh Joseph Rowntree Foundation menemukan bahwa 1,6 juta rumah tangga atau seperlima dari pencicil KPR di Inggris khawatir tidak bisa membayar cicilan rumah hingga tiga bulan ke depan.

Peminjam yang telah mencapai liburan cicilan KPR enam bulan dan masih menghadapi kesulitan melakukan pembayaran, disarankan untuk berbicara dengan pemberi pinjaman properti mereka tentang rencana dukungan yang disesuaikan.

Meski ada bantuan untuk rumah tangga, hingga saat ini belum ada pengumuman baru tentang dukungan keuangan untuk wiraswasta dan bisnis. Kelompok wiraswasta pun meminta hibah dukungan yang sebelumnya telah diumumkan.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2