Pencarian Rumah Meningkat di Tengah Pandemi, Ada Apa?

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Jumat, 13 Nov 2020 06:37 WIB
A couple in their 50s moves in to their new home, unpacking boxes and enjoying the time together.  Could also depict moving out of a home.
Ilustrasi/Foto: Istock
Jakarta -

Tren pencarian rumah secara online meningkat di tengah pandemi virus Corona. Tren pencairan meningkat 30% pada kuartal II dibandingkan kuartal sebelumnya.

Peningkatan pencarian rumah terjadi di hampir seluruh daerah di Bogor, terutama di kawasan Cilendek Barat, Bogor Barat. Sepanjang kuartal II-2020 tren pencarian rumah di daerah tersebut tercatat mencapai 3.411 pencarian atau meningkat sekitar 61% jika dibandingkan kuartal sebelumnya yang mencapai 2.110 pencarian.

Managing Director Lamudi, Mart Polman mengatakan meningkatnya pencarian rumah bisa menjadi indikator bahwa kawasan itu potensial dijadikan tempat tinggal ataupun investasi.

"Mayoritas pencari rumah di Cilendek Barat didominasi oleh warga Jakarta dengan umur 25 hingga 35 tahun," kata Mart, Jumat (13/11/2020).

Sementara, menurut Jordy Yonathan, CEO PT Anvaya Developer Indonesia, ada banyak faktor yang membuat mengapa kawasan tersebut menjadi daerah favorit pencarian rumah, salah satunya karena lokasinya.

Jordy juga mengatakan, Cilendek Barat juga berdekatan dengan berbagai fasilitas umum, seperti pusat pendidikan, pusat perbelanjaan, pusat kesehatan hingga pusat pelayanan pemerintahan. Aksesibilitas juga terbilang cukup baik, sehingga dapat memudahkan mobilitas warga yang tinggal di sana untuk beraktivitas.

"Selain untuk ditinggali, kawasan Cilendek Barat juga sangat cocok untuk investasi, karena nilai investasi tanah di sana mengalami kenaikan rata-rata sebesar 12% per tahunnya," kata Jordy.

Selanjutnya
Halaman
1 2