Pakuwon Borong Dua Mal Duniatex Rp 1,35 T

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 30 Nov 2020 11:43 WIB
Pakuwon Group mengantisipasi banyaknya pengunjung mal menjelang Lebaran. Pihaknya menyiapkan SOP ketat.
Ilustrasi/Foto: Faiq Azmi
Jakarta -

Emiten PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) membeli dua pusat perbelanjaan atau mal milik Duniatex Group. Dua pusat perbelanjaan yang dibeli yakni Hartono Mall Yogyakarta dan Hartono Solo Baru.

Berdasarkan keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (30/11/2020), pembelian terjadi pada 25 November 2020. Jenis aset yang dibeli tertulis, pertama, pusat perbelanjaan Hartono Mall Yogyakarta dan Hotel Marriott Yogyakarta yang berada di Jalan Ringroad Utara, Kaliwaru, Condong Catur, Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Kedua, pusat perbelanjaan Hartono Solo Baru yang berada di Jalan Ir Soekarno, Dusun Madegondo, Grogol, Kabupaten Sukohardjo, Jawa Tengah.

Nilai transaksi mencapai Rp 1,35 triliun di mana nilai transaksi termasuk pajak-pajak dan biaya-biaya terkait transaksi lainnya.

Pihak yang bertransaksi yakni sebagai penjual PT Delta Merin Dunia Properti yang merupakan bagian dari Duniatex Group pemilik gedung atau bangunan. Lalu, Sumitro selaku pemilik tanah.

Dalam informasi tersebut disebutkan, pihak penjual dan pembeli bukan merupakan pihak yang terafiliasi. Lalu, transaksi dilakukan dengan alasan diversifikasi geografis untuk memperoleh potensi atau peluang basis pertumbuhan baru di luar Surabaya dan Jakarta.

Sumber pendanaan dari transaksi tersebut berasal dari kas internal perusahaan.

(acd/zlf)