Titah Jokowi, Penyelesaian Masalah Tanah Dipercepat

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 03 Des 2020 20:15 WIB
Presiden Jokowi
Foto: KRIS/BIRO PERS SETPRES
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan para pegiat reformasi agraria hari ini. Dalam pertemuan ini, Jokowi ingin mengetahui berbagai persoalan yang ada di lapangan serta menemukan solusi yang disepakati bersama.

Jokowi ingin adanya percepatan dalam menyelesaikan masalah-masalah tersebut.

"Ini agar betul-betul nanti bisa terealisasi sehingga masalah-masalah yang berkaitan dengan reforma agraria bisa mengalami percepatan dan akselerasi dalam menyelesaikan (persoalan) yang belum-belum," kata Jokowi, Kamis (3/12/2020).

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, pemerintah maupun para pegiat yang hadir dalam pertemuan berupaya mencapai titik temu dan mencari solusi bagi persoalan atau kendala yang dihadapi di lapangan.

"Siang hari ini Presiden telah mengumpulkan beberapa menteri yang berkaitan dengan reforma agraria dan diikuti oleh teman-teman dari LSM. Presiden tadi telah meminta bagaimana mengurai berbagai persoalan itu dengan menentukan yang pertama adalah mencari persoalan-persoalan yang menjadi prioritas dan yang kedua menggunakan timeline dengan target tertentu," ujarnya selepas pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta.

Sementara, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil menerangkan, pihaknya akan segera melakukan identifikasi terkait dengan semua hal yang dibicarakan antara pemerintah dengan para pegiat dalam pertemuan itu. Nantinya, pihaknya akan menyusun prioritas kerja untuk menyelesaikan hal-hal yang dapat segera diselesaikan terlebih dahulu.

"Kita akan identifikasi. Mana yang paling mudah kita selesaikan akan kita selesaikan sesegera mungkin sehingga begitu selesai ini kita punya kepercayaan diri dan menjadi model untuk menyelesaikan hal lain," tuturnya.

(acd/dna)