Mau Beli Rumah Jelang Tahun Baru? Simak Tips Berikut

Abu Ubaidillah - detikFinance
Senin, 21 Des 2020 17:02 WIB
Beli rumah
Foto: shutterstock
Jakarta -

Banyak orang mengulur waktu untuk membeli rumah. Alasannya, mereka berpikir akan segera membeli rumah jika penghasilan sudah naik. Padahal, saat Anda menunda untuk membeli rumah, harga properti justru terus mengalami kenaikan.

Akhir tahun ini bisa menjadi momen yang tepat bagi Anda yang ingin membeli rumah. Hal tersebut dikarenakan biasanya banyak developer yang menawarkan macam-macam promo menarik untuk calon konsumen. Agar proses pembelian rumah bisa makin nyaman dan aman, simak tips-tips berikut seperti dilansir dari HGTV.

1. Pastikan Finansial Sehat

Pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan finansial sehat atau dalam kata lain memiliki dana yang cukup untuk membeli rumah. Apalagi bagi yang akhir tahun memiliki banyak pengeluaran selain untuk membeli rumah.

Selain itu bila kamu memiliki banyak pinjaman, belanja barang mahal, atau kerap mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar, kamu akan kesulitan mendapatkan pinjaman bila memilih membeli rumah melalui skema kredit.

2. Hindari Sengketa Perbatasan

Sangat penting untuk melakukan survei properti sebelum benar-benar membelinya. Hal ini dilakukan agar kamu mengetahui persis di mana garis properti yang kamu miliki agar tidak ada perselisihan sengketa perbatasan dengan tetangga.

Sebab bila terdapat sengketa perbatasan properti dengan tetangga, kamu akan kesulitan ketika ingin memperluas rumah, melakukan renovasi, atau membuat taman di depan. Survei juga dilakukan untuk memastikan pajak properti yang dimiliki benar-benar sesuai.

3. Lebih Besar Tidak Selalu Lebih Baik

Banyak orang tertarik pada rumah yang lebih besar dan terindah di suatu komplek, namun rumah yang lebih besar tidak selalu lebih baik. Terutama karena harganya yang cenderung lebih mahal.

Kadang, rumah yang tak lebih besar lebih cocok untukmu karena harganya lebih terjangkau namun kamu tetap bisa tinggal di komplek tersebut. Dengan begitu, ada dana lebih yang dapat digunakan untuk keperluan akhir tahun lain maupun untuk renovasi rumah.

4. Tanya Pendapat Tetangga

Tips terakhir untuk membeli rumah adalah mampirlah ke rumah-rumah tetangga, tanya pendapat mereka soal tinggal di tempat tersebut. Ini akan memberi kamu perspektif berbeda dibanding hanya mendapat kata-kata manis dari marketing.

Lakukan hal tersebut beberapa kali pada siang atau malam hari namun jangan sampai mengganggu momen Natal dan Tahun Baru mereka. Lakukan secara konsisten sampai kamu benar-benar mengetahui kondisi lingkungan dan siap memutuskan akan membeli rumah.

Itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan pada saat membeli rumah di akhir tahun. Ketika akhirnya kamu memutuskan membeli sehingga bisa memiliki hunian di tahun depan, kamu juga harus memperhatikan soal perawatan dan perlindungannya, sehingga rumahmu akan menjadi istanamu.

Mega Rumah merupakan asuransi dari Mega Insurance yang memberikan perlindungan terhadap rumah dan isinya atas risiko kebakaran, kerusuhan, banjir, kebongkaran, angin topan, gempa bumi, tsunami hingga kejatuhan pesawat terbang.

(akn/hns)