Korting Rp 1 Triliun, Akhirnya Neverland Michael Jackson Laku

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 25 Des 2020 15:55 WIB
Peternakan milik Michael Jackson di Los Olivos, California dijual dengan harga US$ 31 juta atau setara Rp 434 miliar. Kok belum laku?
Foto: Istimewa/CNBC.
Jakarta -

Perkebunan dan peternakan milik Michael Jackson yang bernama Neverland Ranch akhirnya terjual. Properti itu terjual setelah 10 tahun penyanyi berjuluk King of Pop itu meninggal.

Melansir Reuters, Jumat (25/12/2020), Neverland Ranch seluas 2.700 acre (1.100 hektar) itu dibeli oleh miliarder yang dikenal sebagai investor, Ron Burkle. Dia merupakan kerabat dari keluarga Jackson.

The Wall Street Journal mencatat perkebunan, yang berganti nama menjadi Sycamore Valley Ranch itu dijual seharga US$ 22 juta atau setara Rp 312 miliar (kurs Rp 14.200).

Properti sudah beberapa kali turun harga karena tak kunjung laku. Pada 2015, Neverland Ranch dijual di harga US$ 100 juta atau saat itu sekitar Rp 1,3 triliun. Kemudian pada 2017 turun harga lagi menjadi US$ 67 juta dan pada 2019 kembali turun menjadi US$ 31 juta. Dengan demikian Neverland Ranch telah turun harga hingga Rp 1 triliun jika dibandingkan harga pertama kali penjualan.

Juru bicara Burkle mengatakan alasan pengusaha itu membelinya karena melihat adanya peluang investasi dan menjadikannya sebagai tabungan tanah. Sebelum membeli dia melihat perkebunan itu dari udara sambil melihat lokasi lain dan langsung menghubungi Tom Barrack, pendiri perusahaan investasi real estat Colony Capital LLC.

Michael Jackson, yang meninggal karena overdosis obat bius Propofol pada tahun 2009 pada usia 50, membeli properti di Los Olivos, sekitar 193 km sebelah utara Los Angeles, pada tahun 1988 seharga US$ 19,5 juta. Setelah terjadi krisis finansial, pada tahun 2008 ia menyerahkan hak milik tersebut kepada Colony Capital LLC, yang memegang pinjaman atas properti tersebut.

Neverland, sendiri diambil dari nama tempat dari kisah "Peter Pan" tentang seorang anak laki-laki yang menolak untuk tumbuh. Perkebunan itu pun menjadi tempat peristirahatan favorit Michael Jackson dan terkenal dengan kebun binatangnya, kereta api, dan wahana taman hiburan.

(das/eds)