Fantastis! Segini Aset Tanah Milik Muhammadiyah

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 29 Des 2020 11:01 WIB
Kantor PP Muhammadiyah, Yogyakarta, Rabu 923/1/2019).
Foto: Usman Hadi/detikcom
Jakarta -

Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah Agung Danarto menyatakan aset tanah yang dimiliki organisasi mereka lebih dari 21 juta meter persegi.

Dia menyampaikan hal tersebut dalam Webinar Refleksi Akhir Tahun Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Malaysia-PCIM Taiwan tentang "Nilai Strategis Big Data bagi Persyarikatan Muhammadiyah".

"Saya percaya tidak kurang dari jumlah (21 juta meter persegi) tersebut. Suatu jumlah yang banyak. Ada yang sudah dimanfaatkan dan 50% belum dimanfaatkan," ujar Agung dikutip dari Antara, Selasa (29/12/2020).

"Dulu saya mengira tanah wakaf yang belum dimanfaatkan ukurannya kecil-kecil ternyata setelah saya di PP tidak semuanya kecil, yang hektaran juga tidak sedikit, 9.000 meter di daerah cukup strategis," lanjutnya.

Agung juga menjelaskan Muhammadiyah telah mendirikan Pusat Syiar Digital Muhammadiyah, yaitu website jejaring Muhammadiyah dan analisis media sosial.

"Program ini sudah jalan tetapi untuk big data walaupun sudah dicanangkan dan penanggung jawab ada sampai saat ini big data belum jalan. Barangkali kalau di Muhammadiyah kalau tidak langsung dimanfaatkan data yang sifatnya murni terkadang semangat mencarinya susah sehingga perlu dipaksa bahwa big data sangat penting," jelasnya.

Dikatakannya, Muhammadiyah adalah asosiasi puluhan ribu LSM yang semuanya bergerak secara semi otonom. Dia melanjutkan, masing-masing entitas berjalan secara otonom, inisiatif sendiri, dan membiayai sendiri sehingga big data menjadi penting.

"Secara struktural Muhammadiyah saat ini memiliki 13.693 Pimpinan Ranting, 4.850 Pimpinan Cabang, dan 461 Pimpinan Daerah. Dalam struktur tersebut ada Organisasi Otonom (Ortom), belum lagi ada Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang tersebar di berbagai daerah hingga pelosok," tambahnya.



Simak Video "Muhammadiyah Minta Bank Syariah Indonesia Berpihak ke UMKM"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/ara)