Travelio Siap Kelola Penyewaan Unit Apartemen Trans Property

Yudistira Imandiar - detikFinance
Jumat, 05 Feb 2021 13:43 WIB
Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Trans Property dan Travelio
Foto: Yudistira Imandiar/detikcom
Jakarta -

PT Trans Property menjalin kerja sama dengan Travelio dalam hal pengelolaan penyewaan unit apartemen. Dengan adanya kerja sama ini, pemilik unit apartemen Trans Property dapat mempercayakan Travelio untuk mengelola penyewaan unit.

Nota kesepahaman telah ditandatangani oleh Presiden Direktur CT Corp Chairal Tanjung dan Vice President of Business Development PT Horizon Internusa Persada (Travelio) Felicia Gautama, di Transpark Marketing Gallery, Jakarta Selatan.

Pemilik apartemen garapan Trans Property, antara lain Transpark Cibubur, Transpark Bintaro, Transpark Juanda Bekasi, The Trans Icon Surabaya, tinggal mendaftar ke Travelio untuk pengurusan penyewaan unit.

Travelio akan memasarkan dan mengurus unit yang disewakan. Fasilitas yang diberikan meliputi photoshoot dan video 360 untuk unit, check in, check out, pembersihan dan pemeliharaan unit, showing unit kepada calon penyewa, serta pemasaran online dan offline.

Marketing Director Transpark Bintaro Michael Widjaya mengulas ada dua tipe pembeli apartemen. Pertama, yakni end user yang menjadikan apartemen sebagai tempat tinggal. Selain itu, ada pembeli yang menjadikan unit apartemennya sebagai investasi. Untuk memudahkan konsumen yang berinvestasi, Trans Property menggandeng Travelio sebagai official partner.

"Kami berharap dengan adanya Travelio ini bisa menjadikan unit apartemen di Trans Property ini sebagai sarana investasi yang menarik dan aman," kata Michael usai penandatanganan Nota Kesepahaman antara Trans Property dan Travelio, Jumat (5/2/2021).

Felicia Gautama menimpali, dengan menyewakan unit apartemen Trans Property melalui Travelio, pemilik dapat menikmati hasil dari investasinya. Mereka tidak perlu dipusingkan dengan biaya pengurusan bulanan untuk unit apartemen yang tidak ditinggali.

"Kadang pemilik apartemen direpotkan dengan cost yang harus dikeluarkan terus menerus. Kami tidak mau hal ini terjadi di apartemen Trans Property atau di tempat lainnya. Lewat Travelio mereka bisa mendapatkan hasil dari unit yang dimiliki," papar Felicia.

Travelio mengelola penyewaan unit fully furnished maupun unfurnished. Bedanya, unit apartemen fully furnished dapat disewakan harian, bulanan, atau tahunan. Sementara itu, apartemen unfurnished hanya dapat disewakan bulanan dan tahunan.

Ia menambahkan, dalam kerja sama dengan Trans Property ini, Travelio memberikan fasilitas ekstra berupa jaminan pembayaran iuran pengelolaan apartemen (IPL). Fasilitas itu diberikan kepada 50 pemilik unit apartemen pertama yang mendaftarkan unitnya untuk disewakan melalui Travelio.

Mengenai mekanisme penentuan harga, Felicia menjelaskan Travelio memberikan kebebasan pemilik untuk menetapkan harga sewa. Namun, ia mengingatkan jika harga yang ditetapkan terlalu tinggi bisa membuat sulitnya mendapatkan penyewa.

"Misalnya di satu tower yang sama ada unit yang harga sewanya 500 ribu (rupiah) dan 400 ribu (rupiah). Pasti penyewa pilih yang 400 ribu (rupiah). Kami menyarankan pemilik mengikuti dynamic pricing dari Travelio," papar Felicia.

Ia menguraikan dynamic pricing Travelio menggunakan smart pricing yang dapat menyesuaikan harga berdasarkan berbagai faktor seperti demand, serta tingkat okupansi unit di satu tempat.

"Jika okupansinya sudah tinggi harganya otomatis diadjust akan lebih tinggi, " imbuh Felicia.

Sementara itu, Michael menambahkan harga sewa dari properti sangat bergantung dari fasilitas pendukungnya. Trans Property, kata dia, membangun kawasan superblok dengan fasilitas lengkap. Ada kolam renang, sky garden, pusat perbelanjaan, sarana hiburan, sekolah internasional, dan lainnya.

"Itu akan membuat harga sewa semakin tinggi," cetus Michael.

(akn/hns)