Hotel-hotel Dijual, Memang Ada yang Mau Beli?

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 07 Feb 2021 18:12 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Bisnis hotel babak-belur oleh pandemi virus Corona (COVID-19). Bahkan pengusaha yang tak mampu bertahan membuka opsi untuk menjual hotel miliknya.

CEO Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda pun mengungkapkan fenomena hotel-hotel dijual sudah terjadi sejak pertengahan 2020.

"Sebetulnya kan hotel-hotel dijual itu kan mulai dari pertengahan 2020 sudah mulai banyak isu-isu dijual, jual, jual kan karena pastinya kan persaingan ketat, terus omzet pun nggak ada," kata dia kepada detikcom, Minggu (7/2/2021).

Lantas, apakah ada orang berduit yang tertarik membeli hotel yang dijual di tengah pandemi COVID-19 ini? Menurut Ali, di situasi pandemi ini harga hotel sedang murah-murahnya dan tentu menguntungkan bagi calon pembeli.

Sebab, di tengah sepinya tingkat keterisian (okupansi rate) hotel saat pandemi COVID-19 membuat harga jual hotel jatuh.

"Kalau si pembeli itu membeli saat ini sebetulnya bargaining-nya (posisi tawarnya) luar biasa saat ini, diskon sampai 50%-60% karena penilaian hotel saat ini pun kalau kita anggap rata-rata okupansi rate bisa sampai 3% sampai 5% malah kayak yang di Bali segala macam, tapi di Jakarta masih 20% 30% itu penilaiannya bisa jatuh sampai 60% sebetulnya, harga jualnya," ungkapnya.

Dia juga mengatakan bisnis hotel masih menjanjikan untuk jangka panjang, apalagi yang lokasinya dekat tempat wisata.

"Kalau kita ngomong jangka panjang, hotel masih bagus khususnya di daerah wisata. Maka saya lihat sebetulnya hotel-hotel yang saat ini dijual karena memang secara operasional si pemiliknya itu tidak mau penyertaan lagi karena mungkin sudah rugi nih," jelas Ali.

Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran juga menyatakan bahwa hotel-hotel yang dijual saat pandemi harganya miring. Tapi, belum tentu ada yang beli.

"Yang dijual itu pun belum tentu ada upaya orang bisa membeli karena situasi seperti ini, kan belum tentu juga. Dan penjualan itu bukan penjualan normal, penjualan yang memang benar-benar yang harganya sangat-sangat murah karena kondisinya sudah kepepet," tambahnya.

Simak video 'Adanya PPKM, Hotel di Solo Bikin Inovasi Makan di Kolam Renang':

[Gambas:Video 20detik]



(toy/dna)