Genjot KPR Subsidi, BTN Bidik Pembiayaan buat Karyawan Kontrak

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 06 Mar 2021 17:05 WIB
Bank Tabungan Negara (BTN) kembali dipercaya untuk menjadi pemimpin penyaluran Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) 2020.
Foto: dok. Bank BTN
Jakarta -

Rumah atau hunian menjadi salah satu kebutuhan utama untuk masyarakat. Biasanya pembelian dilakukan secara cash atau kredit pemilikan rumah (KPR). Untuk KPR ini syarat yang ditentukan calon konsumen harus berstatus sebagai pegawai tetap di sebuah perusahaan.

PT Bank Tabungan Negara Tbk siap memenuhi kebutuhan perumahan untuk 6.400 karyawan kontrak PT Pelindo III. Direktur BTN, Jasmin mengungkapkan BTN yakin bisa melakukan pembiayaan tersebut karena saat ini masih memiliki kuota nasional sebanyak 81 ribu KPR subsidi dari total kuota nasional 157 ribu.

"Sebagai bank BUMN yang fokus dalam pembiayaan kebutuhan papan atau perumahan masyarakat, BTN memiliki kuota sekitar 60-70 persen KPR subsidi dan memiliki kerjasama dengan 6.000 developer seluruh Indonesia baik kabupaten maupun kota seluruh Indonesia, sehingga bisa cepat menyalurkan pembaiayaan KPR subsidi untuk MBR," kata dia dalam keterangannya, Sabtu (6/3/2021).

Jasmin mengungkapkan Pelindo III memiliki 5 anak usaha dan 13 cucu perusahaan dan 4 perusahaan afiliasinya merupakan potensi bagi BTN untuk memberikan pembiayaan perumahan.

KPR subsidi yang ditujukan untuk masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) sangat cocok bagi karyawan kontrak PT Pelindo III yang memiliki 6.400 karyawan kontak.

"Dengan bunga fix 5% berjangka waktu 20 tahun dengan nilai maksimal Rp 160 jutaan, itu cocok dengan Pelindo III yang banyak karyawan berstatus kontrak," terangnya.

Selain memiliki produk BTN Solusi untuk menjawab kebutuhan pengelolaan dana korporasi sekaligus menyediakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan bunga murah, kerjasama bisnis tersebut juga dalam hal pemanfaatan jasa dan produk hingga layanan perbankan dalam mewujudkan sinergi bisnis yang efisien efektif dan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Di samping itu, BTN juga siap mendukung pembiayaan PT Pelindo III untuk ekspansi pengembangan bisnis dan pembenahan infrastruktur.

"Kami sangat mendukung upaya Pelindo III dalam mewujudkan pelayanan prima kepada pelanggannya,khususnya di bidang transaksi perbankannya dan BTN akan terus berinovasi menghadirkan produk dan layanan perbankan untuk menjawab kebutuhan nasabahnya," Jelas dia.

Direktur Keuangan Pelindo III Endot Endardono mengungkapkan sebagai perusahaan operator pelabuhan yang memiliki wilayah kerja cukup luas yaitu 44 pelabuhan yang tersebar di 7 provinsi, pihaknya berkomitmen terus meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasanya, baik dari operasional maupun layanan transaksi perbankan, terlebih pihaknya juga terus berkomitmen mengimplementasikan salah satu Core Values BUMN yaitu Kolaboratif.

"Pelindo III terus berupaya memberikan pelayanan prima bagi para pengguna jasa kami, tidak hanya dari sisi operasional namun juga transaksi perbankan dan MOU ini merupakan upaya perseroan mewujudkan hal tersebut," ujar dia.

(kil/eds)