Mau Beli Rumah Berkonsep Smart Home? Catat Dulu Hal Ini

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 11 Mar 2021 21:00 WIB
smart home
Ilustrasi/Foto: Istimewa
Jakarta -

Memiliki rumah bisa dibilang jadi impian semua orang. Fasilitas yang ada di rumah bisa membuat penghuni nyaman dan betah berada di rumah.

Selain rumah dengan fasilitas manual, di era digitalisasi ini konsep smart home atau rumah pintar juga bisa menjadi pilihan calon pembeli rumah.

Sebenarnya perkembangan teknologi, lebih baik rumah manual atau rumah pintar alias smart home ya? Berikut perbandingannya.

Rumah Biasa

Rumah ini memiliki konsep seperti rumah pada umumnya. Sirkulasi udara yang baik, sambungan listrik dan air yang cukup.

Penguncian pintu dan jendela juga masih manual tanpa bantuan remot. Keuntungan punya rumah manual adalah lebih hemat biaya listrik karena tanpa minim perabot elektronik.

Selain itu rumah manual ini tak bergantung pada internet. Jadi jika memang di wilayah anda tak ada jaringan internet yang baik, maka fasilitas manual bisa jadi pilihan.

Smart Home

CEO Daun Karya Property Kharolina Lesli mengungkapkan konsep smart home memang mengikuti perkembangan zaman. Apalagi di era teknologi seperti sekarang, kemudahan menjadi hal mutlak untuk masyarakat.

Smart home biasanya menawarkan kemudahan untuk mengoperasikan atau mengendalikan rumah seperti memantau kondisi rumah dengan CCTV real time, menyalakan dan mematikan lampu, AC, televisi dan peralatan elektronik lainnya.

"Jadi dengan smart home ini, misalnya mau lihat kondisi anak di rumah bisa tinggal lihat di aplikasi handphone, kelihatan deh tuh anak lagi ngapain. Kan jadi lebih tenang kerjanya" kata dia, Kamis (11/3/2021).

Lalu dengan konsep smart home ini tak ada lagi drama lupa mengunci pintu. Pasalnya dengan teknologi ini bisa otomatis mengunci dan keamanan rumah tetap terjaga.

Karena itu Daun Karya Property memiliki perumahan bernama Avani Gyoen yang menawarkan konsep smart home. Hal ini untuk memudahkan para pemilik rumah dengan teknologi yang disematkan.

Avani Gyoen ini terletak di kawasan Kaliputih, Citayam, Depok Jawa Barat. Dengan tipe rumah 45 dan perumahan bernuansa Jepang ini juga dilengkapi fasilitas kolam renang. Dengan harga mulai dari Rp 500 jutaan, developer ini juga memberikan fasilitas free internet selama satu tahun, free AC, free biaya KPR dan surat-surat dan diskon angsuran.

(kil/ara)