Simak! Ini Tips Beli Rumah Biar Terasa Enteng

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 14 Mar 2021 18:47 WIB
Biaya yang Diperlukan saat Ajukan KPR
Tips Beli Rumah (M Fakhri Aprizal/Tim Infografis)
Jakarta -

Memiliki rumah bisa dikatakan keinginan semua orang. Namun, untuk memilikinya bisa dikatakan gampang-gampang susah.

Salah satu masalah yang kerap muncul ketika hendak membeli rumah ialah masalah uang muka hingga masalah mengatur keuangan. Kadang, semua pemasukan alias pendapatan yang diterima habis untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Bagi yang berniat membeli rumah tak ada salahnya mengikuti tips ini.

Perencana Keuangan Ahmad Gozali mengatakan, jika berniat membeli rumah sebaiknya dari sekarang menyisihkan sepertiga penghasilan. Langkah ini sebagai salah satu cara untuk latihan untuk menyicil kredit pemilikan rumah (KPR).

Uang tersebut sebaiknya disimpan di rekening yang terpisah. Nantinya, uang ini dijadikan untuk uang muka alias down payment (DP).

"Kalau punya rencana beli rumah, mulai saving sepertiga dari penghasilan. Anggap lah ini latihan nyicil. Membiasakan bayar cicilan biar nggak berat," katanya kepada detikcom, Minggu (14/3/2021).

"Saving ini pisahkan ke rekening khusus. Yang tujuannya untuk menyiapkan DP," tambahnya.

Nah, jika uang sudah dirasa sudah cukup maka bisa digunakan untuk DP. Dia mengatakan, karena terbiasa menabung dengan menyisikan sepertiga pendapatan maka menyicil KPR akan terasa lebih ringan.

"Saat sudah cukup, bayarkan DP dari rekening tersebut dan mulai nyicil sepertiga dari gaji ke dalam KPR. Dengan cara ini cicilan akan lebih lancar karena sudah terbiasa," ujarnya.



Simak Video "Syarat Lengkap Beli Rumah Bebas PPN"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/dna)