Kepala Bappenas: Pemindahan Ibu Kota Baru Dilakukan Bertahap Mulai 2024

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 15 Mar 2021 16:48 WIB
Pemerintah berencana menghimpun anak-anak Indonesia ke dalam satu wadah. Wadah itu bernama Manajemen Talenta Nasional (MTN).
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menegaskan bahwa pemindahan ibu kota negara akan tetap dilakukan pada tahun 2024. Dia mengatakan ibu kota pindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur akan dilakukan secara bertahap.

Untuk saat ini pemerintah masih fokus melakukan penanganan pandemi COVID-19. Di sisi lain, berbagai upaya juga dilakukan untuk memulihkan ekonomi.

"Sahabat yang saya cintai, pemindahan Ibu Kota Negara baru akan dilakukan secara bertahap dan akan mulai dilaksanakan pada tahun 2024," kata Suharso dalam unggahannya di akun Instagram resminya, @suharsomonoarfa, dikutip Senin (15/3/2021).

Suharso juga mengatakan pemerintah punya harapan besar pada pembentukan ibu kota negara alias IKN baru. Mulai dari menjadi pusat pertumbuhan ekonomi hingga penciptaan lapangan kerja.

"IKN baru ini kita memiliki harapan besar. Kita mengharapkan hadirnya pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru, menciptakan jutaan lapangan kerja dan kesejahteraan. Kita juga berharap dan berencana IKN baru menjadi kota cerdas, nyaman, aman, dan berkelanjutan," ujar Suharso.

Dalam video yang diunggahnya, Suharso menjelaskan ibu kota negara akan mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi melalui 6 klaster ekonomi dan 2 klaster pendukung.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2