Istana Presiden di Ibu Kota Baru Dibangun Tahun Ini, Bagaimana Bentuknya?

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 17 Mar 2021 15:39 WIB
Presiden Joko Widodo akan segera memindahkan ibu kota pemerintahan ke Kalimantan. Begini desainnya.
Desain Ibu Kota Baru RI di Kalimantan/Foto: Kementerian PUPR
Jakarta -

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan Istana Presiden di ibu kota negara (IKN) yang baru akan dibangun pada tahun ini. Seperti apa desainnya?

Informasi terakhir yang berhasil dihimpun detikcom, pada akhir 2019 lalu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan pemerintah berencana membuka sayembara desain gedung-gedung pemerintahan di IKN, Kalimantan Timur.

"Setelah ini pasti akan ada sayembara-sayembara gedung," kata Basuki di Kementerian PUPR pada 23 Desember 2019.

Gedung-gedung yang dimaksud meliputi istana negara atau istana presiden hingga gedung institusi penegak hukum. Tujuan dari sayembara ini untuk mendapatkan desain gedung terbaik.

"Istana kayak apa, gedung DPR/MPR kayak apa, (gedung) Mahkamah Agung kayak apa, (gedung) Kejaksaan Agung, itu pasti kita harus perlu kita sayembarakan sehingga dapat yang terbaik sesuai dengan kriteria yang kita sampaikan," jelasnya.

Pada Senin (23/12/2019), Basuki menyinggung soal desain Istana Presiden. Dia mulanya menjelaskan bahwa ketika berbicara white house atau gedung putih, orang-orang langsung merepresentasikannya dengan kantor presiden Amerika Serikat (AS) di Washington DC. Padahal istana presiden di Indonesia juga berwarna putih.

"Kalau orang ngomong White House itu pasti Washington DC. Padahal istana negara kita juga white, istana kita kan juga putih. Tapi orang, White House itu pasti Washington DC," kata Basuki di Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2019).

Oleh karenanya perlu dipikirkan ide untuk membangun istana negara di IKN agar memiliki perbedaan dengan negara lain.

"Nah kita punya istana mau kayak apa? Ya stone house, rocky house, blue sea house, itu musik itu hahaha. Jadi harus ada pembeda, itu yang disampaikan Bapak Presiden kemarin (IKN) tidak hanya bagus tapi (ada) pembeda," jelasnya.

Namun, memasuki tahun 2020, Indonesia mulai disibukkan oleh pandemi virus Corona (COVID-19). Kabar pemindahan ibu kota negara pun mulai redup.

Pada April 2020, Basuki pun irit bicara saat ditanya mengenai proses pemindahan IKN. Kala itu dia menjelaskan belum ada lagi rapat yang membicarakan nasib mega proyek tersebut di tengah wabah Corona.

"Saya mohon maaf nggak bisa jawab. Tapi sampai sekarang belum ada rapat-rapat yang membicarakan tentang ibu kota baru tersebut. Sampai sekarang belum ada rencana untuk membicarakan kelanjutan tentang ibu kota baru," jelasnya dalam konferensi pers virtual, 7 April 2020.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Tonton juga Video: Sri Mulyani Sebut Anggaran Pendidikan Setara Bangun Ibu Kota Baru

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2