Belum Ada UU, Istana Ibu Kota Baru Bisa Dibangun Tahun Ini?

Vadhia Lidyana - detikFinance
Senin, 29 Mar 2021 10:51 WIB
Desain Istana Negara di Ibu Kota Baru
Foto: Dok. Tangkapan Layar Facebook PUPR
Jakarta -

Pemerintah berencana memulai pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur (Kaltim) pada tahun 2021 ini. Infrastruktur yang akan dibangun pertama ialah Istana Presiden.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan, proses pembangunannya akan diawali dengan peletakan batu pertama atau groundbreaking. Selain Istana Presiden, Kementerian PUPR juga akan membangun infrastruktur utama lainnya.

"Groundbreaking untuk beberapa infrastruktur dan salah satunya Istana Presiden, jalan, dan bendungan," ungkap Diana kepada detikcom, Senin (29/3/2021).

Namun, ia menegaskan proses pembangunan tersebut masih menunggu Undang-undang (UU) Ibu Kota Negara (IKN). Artinya, pembangunan baru bisa dilakukan jika restu dari DPR telah diterima.

"Rencana groundbreaking ada di tahun ini. Namun tetap menunggu UU IKN," jelas dia.

Sebagai informasi, Rancangan Undang-undang (RUU) IKN saat ini sudah dimasukkan dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2021. Ketua Baleg DPR Supratman Andi Agtas mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin RUU itu dibahas segera.

"Kan sudah komitmen pemerintah dan bersama partai pendukung pemerintah di parlemen. Nah presiden menginginkan ini harus segera jalan. Dan mau tidak mau, yang penting kekhawatiran pembahasan RUU IKN ini kan hanya terkait dengan kepastian pendanaan," kata Supratman kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/3/2021).

Simak juga video 'Sri Mulyani Sebut Anggaran Pendidikan Setara Bangun Ibu Kota Baru':

[Gambas:Video 20detik]



(vdl/eds)