Tengok Penampakan Istana Presiden di Ibu Kota Baru

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 25 Mar 2021 07:00 WIB
Desain Istana Presiden di Ibu Kota Baru
Foto: Dok. Tangkapan Layar Youtube Setkab
Jakarta -

Pembangunan Istana Presiden di Ibu Kota Baru disebut akan dilakukan tahun ini. Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan pembangunan bisa mulai dilakukan jika rancangan masterplan dan detail sudah siap.

Desain Istana Negara di Ibu Kota Baru tersebut tersebar. Bagaimana selengkapnya?

Bernama Nagara Rimba Nusa

Pemenang sayembara desain Ibu Kota Negara ini memberi nama Nagara Rimba Nusa. Dalam desain tersebut Istana Presiden terletak di depan danau kemudian di sisi kanan dibangun kantor staf Presiden dan Masjid Astana.

Dari tayangan Youtube Sekretariat Presiden pemenang sayembara desain Ibu Kota Negara bernama Nagara Rimba Nusa ditayangkan sejak 24 Desember 2019 lalu.

Plaza Bhinneka Tunggal Ika

Pada konsep Nagara Rimba Nusa juga terdapat Plaza Bhinneka Tunggal Ika dan Danau Pancasila. Lalu ada kawasan diplomatik, bisnis dan komersial, pemukiman. Dapat diketahui bahwa desain Nagara Rimba Nusa memenangkan sayembara desain ibu kota baru. Itu adalah karya Urban+.

"Dibutuhkan banyak ahli, ada 10 orang, kami sebagian tim kami dari kantor kita, Urban+, kemudian ada juga teman-teman, pernah bekerja di luar negeri, minta bantuan teman luar negeri juga hadir, Hong Kong, Singapura, ada Malaysia," kata Funder Urban+ Sibarani Sofian di Kementerian PUPR 23 Desember 2019 lalu.

Letak Geografis Ibu Kota Baru

Yang paling kompleks dari pembuatan desain ibu kota baru ini adalah tingkat kehati-hatian, mengingat letak geografis yang tidak mudah.

"Kita menyadari kita mendekati tepi air, sensitif secara lingkungan, bagaimana kita mewujudkan keseimbangan antara pembangunan sifatnya manusia dengan alam," terangnya.

Simak juga video 'Sri Mulyani Sebut Anggaran Pendidikan Setara Bangun Ibu Kota Baru':

[Gambas:Video 20detik]



(kil/zlf)