Uang THR Numpuk Gara-gara Mudik Dilarang, Waktunya Beli Rumah?

Tim Detikcom - detikFinance
Kamis, 27 Mei 2021 17:12 WIB
LRT City Ciracas
Foto: LRT City Ciracas (Istimewa)
Jakarta -

Tahun ini dinilai menjadi saat yang tepat untuk membeli properti. Meski di tengah pandemi Corona, industri properti bisa bergairah karena banyak insentif menggiurkan yang diberikan pemerintah.

Country Manager Rumah.com Marine Novita mengatakan, saat pandemi ini justru menjadi momen yang paling tepat dan mudah untuk membeli produk properti. Lantaran, semua pihak baik pengembang maupun perbankan memberikan banyak kemudahan maupun insentif untuk mendorong bisnis saat situasi pandemi.

"Berdasarkan survei Property Market Index Q1 2021 yang kami lakukan, terjadi penurunan harga properti dan kenaikan suplai properti. Ini menunjukkan situasi pasar masih dalam buyer's market sehingga untuk konsumen yang telah siap secara finansial, inilah saat termudah untuk membeli produk properti," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/5/2021).

Khusus untuk pembeli rumah pertama (first time home buyer) bahkan akan dimanjakan dengan melimpahnya berbagai kemudahan yang ditawarkan. Misalnya, aturan Bank Indonesia (BI) yang membolehkan depe nol persen hingga insentif pemerintah terkait pembebasan pajak pertamahan nilai (PPN) sebesar 10 persen untuk produk siap huni seharga di bawah Rp 2 miliar.

Dia juga membeberkan, apalagi pekerja baru mendapatkan tambahan kocek dari tunjangan hari raya (THR). Larangan mudik yang diberlakukan pemerintah, katanya membuat orang berpikir untuk melakukan belanja properti sebagai instrumen investasi jangka panjang mumpung lagi banyak kemudahan.


Hal itu diamini oleh pengembang perumahan Transit Oriented Development (TOD) LRT City, PT Adhi Commuter Properti (ADCP). Project Director LRT City Ciracas-Urban Signature Chaerul Annas mengatakan, momen lebaran di mana THR pekerja masih utuh jadi momen yang baik untuk belanja properti.

"Sekarang saatnya menjadikan THR untuk memenuhi kebutuhan hunian atau dijadikan investasi dengan membeli produk properti mumpung lagi banyak kemudahan dan ada dana lebih dari THR yang tidak digunakan untuk mudik. Kami menyiapkan berbagai promo untuk bulan ini yang sayang bila dilewatkan," ujar dia.

Proyek LRT City Ciracas-Urban Signature yang dibangun di atas lahan seluas 6,2 ha ini memiliki fasilitas 0 km ke Stasiun LRT selain fasilitas lainnya yang disesuaikan untuk lifestyle kalangan pekerja muda. Berbagai kemudahan yang ditawarkan antara lain DP 0% sehingga bisa langsung akad kredit, paket perabotan (full furnished), hingga potongan harga mencapai Rp 70 juta.

Promo ini juga bisa digabung dengan promo maupun kemudahan lain yang ditawarkan bank sehingga kemudahan yang didapatkan bisa lebih banyak lagi. Bukan hanya itu, ada juga promo Libur Lebaran Libur Cicilan yang membuat kita bebas cicilan selama satu tahun. Ada juga subsidi DP 5%.

"LRT City Ciracas-Urban Signature akan dibangun lima tower sebanyak 3.600-an unit dan area komersial seluas 9.300 m2. Saat ini tengah dibangun dua tower: Azure (1.087 unit) dan Beige (543 unit). Tipe terkecil studio berukuran 24,5 m2 harganya mulai Rp500 jutaan. Progres pembangunannya telah mencapai lantai 15 dan akan dilakukan topping off pada akhir tahun ini juga bersamaan dengan serahterima mal," beber Annas.

(zlf/zlf)