Tren Properti Tumbuh ke Barat Jakarta, Ini Pemicunya

Tim Detikcom - detikFinance
Minggu, 20 Jun 2021 11:06 WIB
Gelaran Indonesia Properti Expo 2020 resmi dibuka. Pameran yang menyediakan berbagai rumah murah dan terjangkau terutama untuk kaum milenial ini diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Jakarta. 

Indonesia Properti Expo merupakan pameran yang telah dirintis sejak tahun 1992. Pameran ini terus berkelanjutan dan berkesinambungan diadakan secara regular setiap tahunnya.
Foto: Tripa Ramadhan
Jakarta -

Pasar properti menuju pemulihan dan semakin bergairah di tengah pandemi. Di Ibu kota, saat ini tren properti sedang tumbuh pesat di Barat Jakarta.

"Sekarang ini properti yang paling diminati ada di koridor Barat Jakarta," ujar CEO Property Excellent & Advisory F. Rach Suherman, Minggu (20/6/2021).

Menurut Suherman, dengan adanya infrastruktur dan kemudahan akses ke bandara, kawasan ini diramal akan tumbuh pesat.

"Koridor Timur sudah penuh sehingga sekarang masyarakat memilih ke Barat. Koridor Barat sisi Utara yang akan tumbuh pesat," ujarnya. Hal ini karena sisi Utara memiliki akses yang cepat ke bandara dan memiliki infrastruktur yang lebih baik. Mulai dari Karawaci hingga Serang, properti di kawasan ini akan berkembang pesat," tambahnya.

Suherman memproyeksi, pasar properti yang akan laku di kawasan tersebut berkisar di harga Rp 400 juta hingga Rp 1,2 miliar. Rentang harga itu, katanya, paling realistis untuk lokasi Barat Jakarta.

"Masyarakat sudah menunggu produk dengan kisaran harga Rp 400 jutaan hingga Rp 1,2 miliar. Daya beli masyarakat untuk properti saat ini paling besar ada di rentang harga tersebut," ujarnya.

Peluang ini ditangkap oleh pengembang, salah satunya Lippo Karawaci. Lippo Karawaci pun membuktikan bahwa pasar properti di Barat Jakarta tengah bergairah. Lippo menjual properti unggulannya di kuartal 1 dan kuartal 2 tahun 2021 hanya dalam hitungan jam saja. Cendana Parc yang diusung yang berlokasi di tengah kota Lippo Village diluncurkan tanggal 5 Juni 2021, seluruh 460 unit nya habis terjual dalam waktu 5 jam. Kolaborasi dua desainer, Alex Bayu dan Karl Princic, berhasil memadukan keharmonisan alam dan urban lifestyle kaum milenial yang merupakan end user Cendana Parc.

(zlf/dna)