Bukan Cuma Rumah, Orang-orang Kaya Juga Obral Apartemen Mewah!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 07 Jul 2021 12:57 WIB
Pernah lihat isi apartemen termahal di New York, Amerika Serikat (AS)? Kalau belum langsung saja lihat di sini.
Foto: Mansion Global
Jakarta -

Fenomena orang kaya jual rumah gedong menjamur belakangan ini. Beberapa rumah-rumah mewah terlihat mulai ditawarkan di beberapa laman jual beli properti online dengan harga yang murah.

Ternyata, bukan cuma rumah gedong saja yang mulai dijual. Apartemen-apartemen mewah juga mulai dijual di tengah pandemi. Hal itu diungkap oleh Head of Residential Services Colliers International Indonesia Lenny Sinaga.

"Banyak juga owner-owner apartemen high class di CBD area sejak 2019 banyak yang mau menjual. Semakin ke sini memang fokusnya kebanyakan dijual," ungkap Lenny dalam diskusi virtual, Rabu (7/7/2021).

Di sisi lain, Senior Associate Director Colliers International Indonesia, Ferry Salanto memaparkan banyak pemilik apartemen mewah saat ini menjual unitnya karena pendapat dari apartemennya sudah mulai menipis.

Biasanya, apartemen ini disewakan, khususnya kepada ekspatriat yang bekerja di Jakarta. Namun, saat ini pasar penyewanya berkurang. Maka dari itu opsi penjualan apartemen mulai banyak dilirik.

"Mereka mengharapkan sewa, income juga susah, sehingga banyak apartemen yang dijual. Orang yang punya unit, khawatir apartemennya jadi tambahan cost, maka orang mau jual," papar Ferry.

Kembali ke Lenny, meski banyak apartemen yang dijual, untuk menjadi laku sangat lah sulit. Pasalnya, saat ini tidak banyak orang yang mau membeli apartemen, meskipun harga sudah diturunkan.

"Di sisi lain buyer ini nggak ada, meskipun harga sudah diturunkan akan susah terjual. Meski begitu, yang jual banyak," papar Lenny.

Lihat juga video 'Sri Mulyani Sebut Ekonomi Kuartal III di Bawah 4 Persen':

[Gambas:Video 20detik]



Lanjut halaman berikutnya.