Rumah Mewah Banyak Dijual, Harganya Bakal Drop?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 07 Jul 2021 13:44 WIB
Perumahan mewah di kawasan kota Bunga, Cipanas. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Foto: Dikhy Sasra
Jakarta -

Banyak rumah mewah mulai diobral. Rumah-rumah gedong di daerah elit Pondok Indah, Kelapa Gading, hingga Menteng ditawarkan di laman jual beli properti online.

Di sana, rumah-rumah ini pun ditawarkan dengan harga super murah. Negosiasi harga dengan gila-gilaan pun dibuka agar rumah segera terjual.

Ternyata, meski banyak rumah dijual di kawasan elit, harganya tak selalu diturunkan dan menjadi super murah. Head of Residential Services Colliers International Indonesia Lenny Sinaga mengatakan masih ada pemilik rumah mewah di kawasan elit yang menawarkan harga rumahnya dengan harga normal.

"Tapi saya lihat sih owner yang kita ada datanya, di residensial, di Pondok Indah, Menteng, dan daerah elit, itu harganya normal kok. Asking price sebenarnya normal," ungkap Lenny dalam diskusi virtual, Rabu (7/7/2021).

Lenny pun tak memungkiri ada juga yang menurunkan harga saat menjual rumah, namun dia menegakan penurunannya tidak besar. "Meskipun memang ada yang kasih turun, tapi itu nggak heboh banget deh," katanya.

Lenny mengatakan yang menjadi masalah saat ini justru pembelinya, jumlah pembeli tak sebanding dengan banyaknya rumah yang dijual. Dia mengungkapkan pembeli saat ini kebanyakan wait and see untuk mengeluarkan uangnya.

Meskipun ada yang banting harga pun menurutnya belum tentu ada yang mau membeli properti rumah mewah yang banyak dijual.

"Kalau sekarang memang buyer lagi wait and see, yang beli ini belum ada. Meski ada yang memberikan diskon, harga murah, sekarang ini belum ada serius buyer gitu," papar Lenny.