Tak Cuma yang Mewah, Rumah Tua Tak Terawat Juga Dijual di Menteng

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 08 Jul 2021 14:38 WIB
Rumah Tak Terawat Dijual di Menteng, Jakarta Pusat
Foto: Sylke Febrina/detikFinance
Jakarta -

Rumah mewah di kawasan elit Jakarta banyak dijual. Rumah-rumah tersebut tersebar di kawasan Pondok Indah hingga Menteng.

Namun, selain rumah mewah yang banyak dijual, ada juga rumah yang tak terawat dijual di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Spanduk-spanduk bertuliskan rumah dijual terpampang di bagian depan rumah.

Kondisi rumah yang dijual beragam, ada yang tidak terawat namun masih bisa direnovasi sedikit, ada juga yang bangunannya sudah tua.

Salah satunya rumah di Jalan Syamsu Rizal yang cat putihnya sudah terlihat kusam. Kemudian rumah di Jalan Diponegoro sampai rumah di Jalan Ki Mangunsarkoro.

Rumah-rumah tersebut sudah dipenuhi oleh tanaman rimbun dan pagar yang catnya sudah mengelupas.

Rumah Tak Terawat Dijual di Menteng, Jakarta PusatRumah Tak Terawat Dijual di Menteng, Jakarta Pusat Foto: Sylke Febrina/detikFinance

CEO dan Founder Indonesia Property Watch, Ali Tranghanda mengungkapkan khusus bangunan tua diperkirakan lebih rentan terkena koreksi harga. Meski begitu, harga tersebut tak dapat dijadikan patokan koreksi harga pasar secara menyeluruh.

"Dari semua jumlah unit yang terjadi, transaksi mungkin hanya 1 atau 2 unit yang terkoreksi cukup tinggi. Jadi bila ada 1 unit rumah yang terkoreksi 50% dibandingkan puluhan rumah yang terjual selama sebulan, maka tidak menjadikan harga rumah secara rata-rata jatuh 50%," jelasnya.

(kil/ara)